Pentingnya Komunikasi yang Efektif dalam Keluarga

Sharon Zefanya Bleszynski, CNN Indonesia | Selasa, 15/03/2016 15:18 WIB
Keluarga adalah tempat pertama untuk membangun karakter anak. Komunikasi yang efektif sangat diperlukan, seperti apa? Foto: Thinkstock/Steve Mason
Jakarta, CNN Indonesia -- Komunikasi merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan dalam keluarga. Bukan tanpa alasan, keluarga menjadi kelompok sosial pertama dan tempat belajar sebagai mahluk sosial.

Karakter anak pun dapat terbentuk dari komunikasi tersebut. Apakah pribadinya bisa lebih terbuka, fleksibel, dan ramah. Penting untuk orang tua dalam memberikan komunikasi yang efektif, agar anak lebih bertanggung jawab.

Seberapa penting sebuah komunikasi efektif? Berikut ulasannya:


Membangun kejujuran anak

Pertama adalah membangun kejujuran pada anak. Bila keluarga aktif membuka percakapan, maka anak akan cenderung nyaman mengungkapkan perasaannya dengan jujur.

Mencegah konflik

Komunikasi bisa mencegah adanya kekerasan dalam keluarga. Jadi ketika terjadi konflik, anggota keluarga, terutama orang tua, akan terbiasa menyelesaikan permasalahan dengan diskusi.

Mencegah bullying

Bullying pun dapat dicegah bila ada keterbukaan antara orang tua dan anak. Biasanya anak yang menjadi korban sering menutup diri. Kalau terbiasa berbagi, orang tua pun bisa memberi solusi, memotivasi dan mendorong kepercayaan dirinya.

Terbiasa mendengarkan

Keterbukaan dalam sebuah keluarga akan membuat orang tua dan anak terbiasa untuk saling mendengarkan. Seperti keluhan anak dan cara mereka ingin menyelesaikan tindakan. Secara tidak langsung orang tua berkomunikasi bahwa mereka layak mendapat perhatian. Mulailah berbagi cerita antara anak dan orang tua.

Orang tua diharapkan berbagi tentang nilai dan pengalaman mereka dengan cara yang menarik. Seakan-akan bercerita dengan teman, namun tetap dengan sedikit memberikan nasihat. Setiap hari anak dan orang tua harus saling berbagi cerita baik tentang hari mereka, perasaan mereka, ataupun hal-hal kecil. Penting untuk menyuarakan pikiran dan perasaan yang sedang dirasakan. (rkh/rkh)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK