Manfaat Meneguk Air Putih Setiap Hari

Riska Herliafifah | CNN Indonesia
Kamis, 18 Aug 2016 14:56 WIB
Segelas air bersoda dengan gelas yang 'berkeringat' memang menggoda. Tapi kamu tetap harus minum air putih. Ilustrasi (Andreas Rodriguez/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh dan bisa mengobati bayak masalah kesehatan. Ada fakta menyebutkan bahwa minuma ir putih saat pagi hari bisa menyingkirkan beberapa penyakit di perut.

Ide awal minum air putih saat perut kosong hadir dari Jepang. Masyarakat Jepang terbiasa minum air putih setdiaknya empat gelas setiap pagi meski mereka sudah mengggosok gigi. Ini membantu mereka tetap sehat dan aktif.

Bila kamu malas minum air putih saat pagi hari, lebih baik berpikir ulang karena menyimpan banyak manfaat seperti berikut:


Membersihkan perut

Saat minum banyak air, kamu akan merasakan dorongan untuk buang air besar. Ini berarti pergerakan usus sangat teratur. Ketika buang air besar setiap pagi, berarti tubuh setiap hari dibersihkan dari sampah.

Membuang racun tubuh

Udara, makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari mengandung racun. Ketika banyak minum dan buang air kecil, kamu melakukan detoksifikasi pada tubuh.

Menjauhkan sakit kepala

Aktivitas sehari-hari yang pada sering membuat kepala pusing karena mengalami dehidrasi. Minum air pada pagi hari mencegah kamu kekurangan cairan

Membersikan usus besar

Air membersihkan usus besar dan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi lebih cepat.

Mempercepat metabolisme tubuh

Minum air hangat bisa meningkatkan metabolisme tubuh setidaknya 24 persen. Ini berarti tubuh kamu bisa mencerna makanan lebih cepat dan mengurangi berat badan.

Menurunkan berat badan

Bila ingin menurunkan berat badan, cobalah minuma ir putih saat perut kosong. Ini membantu untuk membuang lemak dan meningkatkan etabolisme lemak dalam tubuh. (rkh/rkh)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER