Insiden AirAsia

Bantu Cari QZ8501, Singapura Kirim Kapal Pencari Ranjau

Denny Armandhanu, CNN Indonesia | Kamis, 01/01/2015 00:47 WIB
Bantu Cari QZ8501, Singapura Kirim Kapal Pencari Ranjau Singapura akan bergabung dengan negara-negara lainnya yang turut menurunkan bantuan untuk pencarian QZ8501. (Dok. US Navy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Singapura mengirim kapal pencari ranjau kelas-Bedok, MCMV, pada Rabu (31/12) untuk membantu pencarian dan penyelamatan pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang.

Diberitakan Channel News Asia, Kapal RSS Kallang yang dikirim Singapura memiliki kemampuan pencarian bawah laut. Kapal ini dilengkapi sensor dan kendaraan bawah laut untuk mencari bangkai pesawat dan para penumpang, seperti disampaikan Kementerian Pertahanan Singapura.

RSS Kallang akan bergabung dengan empat kapal Angkatan Laut Singapura lainnya, yaitu RSS Supreme, RSS Valour, RSS Persistence dan MV Swift Rescue yang turut dalam operasi pencarian.


Angkatan Udara Singapura juga dua pesawat C-130 aircraft, dua helikopter Super Puma dan lima kapal perang.

Singapura akan bergabung dengan negara-negara lainnya yang turut menurunkan bantuan untuk pencarian QZ8501.

Sebelumnya Jepang telah mengirimkan dua kapal perang Onami dan Takanami serta tiga helikopter.

Korea Selatan dan Amerika Serikat mendatangkan masing-masing satu pesawat dan kapal laut yang akan diterjunkan langsung ke area pencarian. Kapal tersebut dilengkapi dengan teknologi sonar untuk mendeteksi benda di bawah laut.

Sementara Inggris mengirim bantuan tim penyidik untuk membantu menemukan blackbox pesawat AirAsia QZ8501. (den)


ARTIKEL TERKAIT