Terorisme di Nigeria

Boko Haram Bantai Ribuan Orang di Desa Nigeria

Denny Armandhanu , CNN Indonesia | Senin, 12/01/2015 11:33 WIB
Boko Haram Bantai Ribuan Orang di Desa Nigeria Boko Haram menyerang 16 desa di Nigeria, ratusan hingga ribuan orang diduga tewas. Mayat-mayat masih bergelimpangan di desa-desa tersebut. (Reuters/Stringer)
Abuja, CNN Indonesia -- Kelompok militan Boko Haram diduga telah membunuh ratusan hingga ribuan orang di beberapa desa di Nigeria pada akhir pekan lalu. Saksi mata mengatakan, mayat-mayat bergelimpangan mulai dari desa hingga ke semak-semak dalam serangan paling mematikan Boko Haram ini.

"Serangan ke Baga dan beberapa desa di sekelilingnya bisa jadi merupakan serangan paling mematikan Boko Haram," kata organisasi pegiat HAM Amnesty International dalam pernyataannya.

Saksi mata mengatakan, Boko Haram menyambangi desa tersebut pada Jumat pekan lalu menggunakan truk dan kendaraan tempur. Saat mereka sampai, militan itu menurunkan motor dan mengejar warga yang melarikan diri ke semak, menembak membabi buta, seperti disampaikan Baba Abba Hassan, kepala distrik lokal.


Menurut pejabat pemerintah setempat, angka kematian warga dalam serangan itu berada di angka ratusan hingga 2.000 orang yang berasal dari 16 desa.

"Banyak mayat yang bergelimpangan di semak-semak di wilayah tersebut dan masih belum aman untuk ke sana untuk menguburkan jenazah," kata Musa Bukar, kepala pemerintahan lokal di Baga.

Menurut saksi, serangan dimulai pada 3 Januari lalu saat ratusan militan menguasai Baga dan desa-desa tetangga, serta beberapa pangkalan militer.

Membakar warga

Serangan dilakukan hingga akhir pekan lalu. Saksi mengatakan, Boko Haram membakar warga yang bersembunyi di dalam rumah mereka.

Menurut Bukar, korban tewas berasal dari 16 desa. Dia meyakini korban tewas hingga 2.000 orang, walaupun belum diketahui dari mana angka itu berasal.

Namun pejabat setempat membenarkan ratusan hingga ribuan korban jatuh dalam serangan tersebut. Jumlah pasti belum diketahui karena penghitungan sulit dilakukan.

Juru bicara pemerintah Nigeria Mike Omeri mengatakan mereka telah mengirimkan pasukan untuk mengambil alih wilayah tersebut.

Puluhan ribu mengungsi

Akibat serangan itu, sedikitnya 30 ribu orang mengungsi. Sekitar 20 ribu di antaranya menggelar tenda di di kota Maiduguri, ibukota negara bagian Borno.

Pemerintah tengah menyusun rencana untuk memindahkan 10 ribu pengungsi lainnya di kota Monguno, 60 kilometer dari Baga. Beberapa pengungsi lainnya lari ke negara tetangga seperti Kamerun dan Chad.

"Jika laporan yang mengatakan desa itu sebagian besar dibumihanguskan dan ratusan hingga bahkan 2.000 warga sipil terbunuh benar, maka ini menandai peningkatan skala pembantaian Boko Haram terhadap populasi sipil," kata Daniel Eyre dari Amnesty International.

Boko Haram telah meneror wilayah utara Nigeria sejak 2009, menyerang kantor polisi, sekolah, gereja dan warga sipil serta mengebom kantor pemerintah. Mereka juga menculik para pelajar, termasuk lebih dari 200 siswi dari asrama mereka April lalu yang kini masih hilang.

Sumber: CNN (stu)