Taliban Pakistan

Pakistan Akan Larang Jaringan Teroris Haqqani

Reuters, CNN Indonesia | Jumat, 16/01/2015 21:42 WIB
Pemerintah Pakistan memutuskan untuk melarang kelompok Haqqani yang terkait dengan Taliban sebagai upaya menunjukkan pada AS langkah serius atasi militansi. Ibu korban penembakan di sekolah Peshawar oleh Taliban Pakistan, pemerintah akan segera melarang kelompok-kelompok militan di negara itu. (Reuters/Zohra Bensemra)
Islamabad, CNN Indonesia -- Pakistan melarang jaringan Haqqani yang terkait dengan Taliban beberapa hari setelah menteri luar negeri Amerika Serikat John Kerry mendesak pemerintah Perdana Menteri Nawaz Sharif untuk memerangi kelompok-kelompok yang mengancam kepentingan Afghanistan, India dan Amerika Serikat.

Para pejabat senior pemerintah Pakistan mengatakan bahwa pengumuman larangan itu akan dilakukan “dalam beberapa minggu”.

“Kami memutuskan untuk melarang jaringan Haqqani sebagai satu langkah penerapan Rencana Aksi Naional yang dibuat setelah serangan sekolah (Peshawar),” ujar seorang anggota kabinet pemerintah kepada Reuters.


“Militer dan pemerintah memiliki pandangan yang sama mengenai upaya mengatasi militansi. Tidak ada lagi Taliban “baik” atau “buruk”.

“Kerry secara khusus menekan agar ada tindakan terhadap Haqqani, termasuk melarang kelompok itu,” tambah pejabat itu.

Pejabat lain, seorang menteri yang menolak disebutkan namanya, membenarkan keputusan melarang kelompok Haqqani itu.

Para pejabat Amerika menuduh serangan-serangan besar di Afghanistan dilakuakn oleh Haqqani, yang beroperasi di luar wilayah Pakistan, dan mengatakan kelompok itu memiliki hubungan dengan negara Pakistan.

Amerika Serikat juga menuduh badan intelijen Pakistan mendukung para militan Haqqani dan mempergunakannya sebagai perantara kekuatannya di Afghanistan untuk mengimbangi pengaruh India yang semakin kuat di sana.

Pakistan menyangkal tudingan ini.

Pengumuman resmi larangan atas organisasi ini akan memperlihatkan bahwa pemerintah Pakistan ingin meyakinkan Amerika Serikat mereka tidak lagi membedakan antara militan ‘baik’ dan ‘buruk’.

Tetapi masih harus ditunggu apakah larangan ini akan diikuti dengan tindakan lain.

Sebelumnya ada perdebatan sengit di dalam pemerintah Pakistan apakah akan menyatakan kelompok ini organisasi teroris.

Sejumlah pejabat mengatakan langkah itu tidak akan berdampak besar di medan pertempuran, tetapi berisiko melemahkan upaya rekonsiliasi di Afghanistan, dan akan lebih banyak serangan terhadap Pakistan.

Juni tahun lalu, militer Pakistan melancarkan operasi militer yang sejak lama ditunggu di wilayah Waziristan Utara, yang disebut sebagai markas kelompok Haqqani.

“Pakistan sudah berbuat banyak untuk menghancurkan kegiatan Haqqani… di dalam wilayahnya,” ujar seorang diplomat barat.

“Tetapi mereka harus mengambil langkah selanjutnya…untuk memastikan Haqqani dan kelompok lain tidak bisa menghimpun kembali kekuatan atau kembali ke tempat persembunyian mereka, membekukan aset mereka, menutup pendanaan dan menghancurkan jaringan mereka.” (yns)