Terorisme Boko Haram

Muncul Kembali, Shekau Klaim Serangan Boko Haram di Nigeria

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Rabu, 21/01/2015 16:05 WIB
Muncul Kembali, Shekau Klaim Serangan Boko Haram di Nigeria September lalu, pasukan Nigeria membunuh Mohammed Bashir, yang diduga sebagai aktor yang berperan sebagai Abubakar Shekau. (Getty Images/Reuters)
Baga, CNN Indonesia -- Seorang pria yang mengaku sebagai pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau, muncul kembali dalam sebuah video, yang dirilis pada Selasa (20/1). Dalam rekaman tersebut, pria ini mengaku bahwa ia adalah dalang di balik serangan teror yang diperkirakan menewaskan dua ribu orang di Desa Baga, Nigeria.

Video ini menimbulkan tanda tanya, karena sudah dua kali pihak militer Nigeria menyatakan bahwa Shekau telah tewas dalam pertempuran.

Menurut Reuters (21/1), video tersebut dibuat khas gaya Boko Haram. Seorang pria berjanggut yang mengaku sebagai Shekau tampil dengan baju tempur. Didampingi orang-orang bersenjata di sekitarnya, pria mulai berbicara dengan bahasa Hausa.


"Kami yang melakukan serangan dan ini hanya puncak dari gunung es. Akan ada lebih banyak lagi (serangan)," ujar pria tersebut dalam video seperti dikutip Reuters (21/1).

Memberikan komentar mengenai pasokan senjata yang disita dari Baga, pria tersebut berkata, "(Itu) cukup untuk menghancurkan Nigeria."

Sebelumnya, tentara Nigeria dilaporkan mundur setelah pangkalan militer mereka di Baga diserbu. Pangkalan militer di Baga merupakan markas pasukan militer gabungan dari Chad, Niger dan Kamerun. Chad dan Kamerun memang bersinergi untuk melawan Boko Haram, namun beberapa masalah ketidakpercayaan akhirnya menghalangi kerja sama itu.

Pria yang mengaku sebagai Shekau ini juga mengaku tidak ragu melawan pemimpin negara Kamerun, Niger, Chad, yaitu Paul Biya, Mahamadou Issoufu, dan Idris Deby.

Beberapa kekerasan di Nigeria yang melibatkan Boko Haram merebak menjelang pemilihan umum antara dua kandidat, yaitu Presiden Goodluck Jonathan dengan mantan pejabat militer, Muhammadu Buhari.

Namun, pria mengaku Shekau itu mengatakan tak peduli dengan persaingan yang ada. "Jonathan, Anda dalam masalah. Dan Buhari, apakah kalian pikir dia adalah Muslim sejati? Dia kafir," kata pria tersebut.

Ini bukan kali pertama kalinya Shekau muncul kembali dalam video, setelah dinyatakan tewas beberapa waktu silam oleh militer Nigeria. Oktober lalu, seorang pria mengaku bernama Shekau dan merilis sebuah video yang menyatakan bahwa daerah dekat Kamerun telah dikuasai dan dinyatakan sebagai wilayah Muslim.

"Aku masih hidup, aku hanya akan mati saat Tuhanku mengambil nafasku," ujarnya dengan menggunakan bahasa Hausa Utara, dilansir dari Reuters, awal Oktober silam.

Dicurigai, pria yang mengaku dirinya Shekau hanyalah seorang aktor.

September lalu, pasukan Nigeria membunuh Mohammed Bashir, yang diduga sebagai aktor yang berperan sebagai Shekau. Bashir diduga berperan sebagai Shekau untuk menunjukkan bahwa pentolan kelompok teroris itu masih hidup untuk membuat takut warga Nigeria dan menjaga loyalitas para pengikut Boko Haram. (ama/stu)