Rubrik Model 'Topless' Kembali Hadir di The Sun

Amanda Puspita Sari, CNN Indonesia | Jumat, 23/01/2015 18:05 WIB
Rubrik Model 'Topless' Kembali Hadir di The Sun The Sun merupakan media yang dimiliki oleh anak perusahaan dari News Corp milik taipan media Rupert Murdoch. (REUTERS/Toby Melville)
London, CNN Indonesia -- Setelah rumor beberapa hari soal The Sun yang menghapus rubrik foto model bertelanjang dada di halaman tiga, tabloid Inggris itu kembali menghadirkan rubrik kontroversial tersebut pada Kamis (22/1).

Rubrik foto model bertelanjang dada di halaman tiga The Sun telah menjadi rubrik tetap selama 44 tahun sejak tahun 1970.

Seperti dilaporkan The Times, koran yang masih satu grup dengan The Sun, dihapusnya rubrik foto model bertelanjang dada menuai pujian dari sejumlah pejabat Inggris.


Namun, pada Kamis (22/1), The Sun kembali menampilkan foto seorang wanita berambut pirang dan bertelanjang dada di halaman ketiga. Di atas foto tersebut tertulis "klarifikasi dan koreksi".

"Terkait dengan kabar yang mencuat belakangan ini, kami ingin menjelaskan bahwa rubrik di halaman 3 telah kembali. Model di atas adalah Nicole, 22 tahun, berasal dari Bournemouth," bunyi keterangan foto tersebut, dilansir dari media Inggris, The Independent, Kamis (22/1).

"Kami ingin meminta maaf kepada wartawan cetak dan elektronik yang telah menulis dan memberitakan kami selama dua hari terakhir," tulis The Sun.

Di tengah maraknya publisitas terkait permasalahan ini, The Sun mengarahkan pembaca untuk menemukan foto model bertelanjang dada di sebuah situs khusus.

"The Sun belum mengatakan apapun terkait apa yang terjadi pada halaman 3," kata Kepala Humas The Sun Dylan Sharpe.

Sebelumnya, penghapusan rubrik model bertelanjang dada dikabarkan menyusul kampanye No More Page 3 yang diluncurkan oleh kelompok feminis, yang menganggap rubrik tersebut merendahkan dan membuat perempuan sebagai objek.

The Sun merupakan media yang dimiliki oleh anak perusahaan dari News Corp milik taipan media Rupert Murdoch.

(ama/stu)