Bom Mobil Nyaris Tewaskan Presiden Nigeria

Rizky Sekar Afrisia & Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 03/02/2015 00:02 WIB
Bom Mobil Nyaris Tewaskan Presiden Nigeria Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan (REUTERS/Akintunde Akinleye)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hanya selang beberapa menit setelah Presiden Goodluck Jonathan meninggalkan acara parade di Gombe, Nigeria, sebuah bom mobil meledak. Dikabarkan kantor berita Reuters, Senin (2/2) bom meledak di dekat stadion di timur laut Gombe. Belum diketahui pelaku dan motifnya.

Menurut fotografer Reuters, bom itu meledak sekitar 200 meter dari stadion. Ledakan membuat satu mobil pembawa bom terbakar habis, satu orang yang sedang berdiri di dekatnya meninggal, dan tujuh orang lain luka-luka.

Belum ada klaim tanggung jawab atas ledakan itu. Namun, banyak pihak menduga kuat ledakan itu terkait dengan grup militan Islam, Boko Haram. Kelompok itu memang telah menyerang Gombe beberapa kali, tak jarang dengan bom.


Hari sebelumnya, Minggu, terjadi pula bom bunuh diri di dekat masjid di sekitar pasar. Bom itu membunuh sedikitnya lima orang dan melukai sampai delapan orang.

Dugaan lain muncul, ledakan yang terjadi di parade partai yang dihadiri presiden Jonathan, berhubungan dengan pemilihan presiden yang akan diadakan pada 14 Februari mendatang. Jonathan yang menjadi calon lagi dari Partai Demokrasi Rakyat, akan melawan mantan penguasa militer, Muhammadu Buhari.

Disebut-sebut, kampanye kali ini merupakan kebangkitan kembali militer, setelah era mereka berakhir sekitar tahun 1999. Bertemunya kedua calon itu juga merupakan hadap-hadapan terdekat antara calon rakyat dengan calon militer.

Jonathan sendiri telah terpilih menjadi presiden sejak 2011, dan kembali mencalonkan diri untuk periode berikutnya.

(rsa)