Alasan Pembunuh Berantai Charles Manson Batal Menikah

Amanda Puspita Sari, CNN Indonesia | Selasa, 10/02/2015 13:16 WIB
Alasan Pembunuh Berantai Charles Manson Batal Menikah Charles Manson dihukum penjara seumur hidup karena memerintahkan pembunuhan tujuh orang termasuk aktris Sharon Tate. (Dok. CNN)
California, CNN Indonesia -- Pembunuh berantai Charles Manson, 80 tahun, yang kini tengah mendekam dalam penjara batal menikah dengan tunangannya, Afton Elaine Burton meskipun telah mengantungi surat ijin menikah di dalam penjara sejak November lalu.

Menurut laporan wartawan Daniel Simone, yang menulis buku tentang kehidupan Manson dalam 'The Retrial of Charles Manson', Manson batal menikah dengan Burton yang usianya 53 tahun lebih muda darinya itu karena dia sadar Burton hanya ingin memanfaatkan keuntungan finansial darinya.

Burton, yang juga dikenal sebagai Star, diduga berusaha menikahi Manson, agar kelak jika Manson meninggal Burton dapat memiliki jenazah Manson. Dikabarkan, Burton dan rekannya, Craig Hammond, berencana untuk memajang jenazah Manson dalam peti mati yang terbuat dari kaca layaknya mumi.


Menurut Simone, ide liar tersebut terinspirasi dari makam tokoh komunis Rusia, Vladimir Lenin. Diperkirakan Burton akan mendapatkan keuntungan finansial yang besar jika dapat mewujudkan makam kaca Manson.

"Dia akhirnya menyadari bahwa dia telah dipermainkan," kata Simone, kepada The New York Post, Senin (9/2).

Namun, yang lebih unik, menurut Simone, adalah kayakinan Manson bahwa dia adalah manusia yang tidak dapat meninggal.

"Dia merasa dia tidak akan pernah mati. Oleh karena itu, dia merasa ide (menjadikannya mumi) adalah ide yang sangat konyol," kata Simone.

Sementara, menurut situs milik Burton dan Hammond, pernikahan Burton dengan pembunuh berantai yang karismatik ini adalah karena terdapat "gangguan tak terduga dalam bidang logistik".

Masa aktivasi surat ijin menikah Manson telah habis pada Kamis (4/2) lalu. Namun, menurut Burton dan Hammond, mereka akan mencoba memperpanjang surat ijin tersebut sehingga pernikahan dapat dilangsungkan dalam beberapa bulan mendatang.

Burton dan Hammond, yang menggunakan julukan Gray Wolf, atau Serigala AAbu-Abu, tidak bisa dihubungi untuk memberikan konfirmasi terkait hal ini.

Menurut Simone, sejak dua bulan lalu, Manson tengah menjalani perawatan medis dalam sebuah fasilitas medis di dalam penjara, akibat sebuah infeksi yang dideritanya.

Hingga saat ini, petugas penjara California menolak memberi komentar soal kondisi kesehatan Manson, maupun di sel mana dia ditahan di Penjara Negeri Corcoran, California.

Buku 'The Retrial of Charles Manson' tengah ditulis oleh Simone dan rekannya, Heidi Jordan Ley. Mereka tengah mencari agen untuk menerbitkan buku tersebut.

Simone menyatakan bahwa sejumlah napi di dalam penjara tersebut membantu mereka dalam penulisan buku ini.

Manson, merupakan pembunuh massal yang tengah menjalani hukuman seumur hidup di Lembaga Pemasyarakatan Corcoran, California. Pada 1960-an, Manson mengumpulkan orang yang melarikan diri serta orang yang terbuang menjadi "keluarga".

Manson kemudian memerintahkan pengikutnya, yang sebagian besar perempuan muda, untuk membunuh tujuh orang termasuk aktris Sharon Tate pada 1969 yang menurut jaksa penuntut saat itu merupakan bagian dari rencana mendorong perang antar ras.

Manson juga dinyatakan bersalah sehubungan dengan dua pembunuhan terpisah Manson Family. Pembebasan bersyarat yang diajukan puluhan kali oleh Manson sejak 1978, selalu ditolak pengadilan AS. Pada 1997, Manson tidak menghadiri sidang pembebasan bersyarat dan sidang berikutnya akan diselenggarakan pada 2027.

November lalu, Manson diberikan izin untuk menikahi Burton yang berumur 50 tahun lebih muda darinya. Burton, 27 tahun, merupakan warga Illinois yang selama 10 tahun terakhir tinggal di California untuk lebih dekat dengan Manson.

Burton kemudian mengajukan surat nikah dan berencana mengubah namanya menjadi Afton Elaine Manson.

Hukum negara bagian California memungkinkan narapidana untuk menikah dalam upacara penjara yang biasanya diadakan di ruang kunjungan. Namun, jika jadi menikah, Manson tidak dapat mengunjungi Burton, karena pembebasan bersyarat yang dia ajukan ditolak pengadilan. (ama/stu)