Prosesi Pemakaman Lee Kuan Yew

Ike Agestu, CNN Indonesia | Minggu, 29/03/2015 10:50 WIB
Prosesi Pemakaman Lee Kuan Yew Prosesi pemakaman Lee Kuan Yew akan dimulai pukul 12.30, upacara berlangsung pukul 14.00 hingga 17.15, lalu jenazah Lee akan dikremasi. (Reuters/Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pada Minggu (29/3), tepat tujuh hari setelah Lee Kuan Yew wafat, warga Singapura akan berbaris di jalan-jalan Singapura untuk mengucapkan perpisahan terakhir bagi Bapak Pendiri Singapura Modern itu.

Channel News Asia melaporkan prosesi Pemakaman akan dimulai pada pukul 12.30 dan menempuh jarak 15,4 km dari Gedung Parlemen ke Pusat Kebudayaan di Universitas Nasional Singapura, di mana upacara pemakaman akan diselenggarakan pada 14.00 hingga 17.15 waktu setempat.

Sekitar pukul 12.30, pasukan yang terdiri dari delapan perwira dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Kepolisian, akan memasuki gedung parlemen dan membawa kereta peti mati untuk membawa jenazah Lee Kuan Yew yang telah berada di sana sejak Rabu (25/3).

Saat kereta peti mati mulai berjalan dari gedung parlemen, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong—putra sulung Lee—beserta anggota keluarga, berikut Wakil Perdana Menteri Tharman Shanmugaratnam akan mengikuti di belakang.

Mereka yang ikut mengantar di belakang juga termasuk beberapa pejabat dan mantan pejabat tinggi Singapura.

Penghormatan militer

Kereta peti mati akan berjalan melalui beberapa jalan, dari jalan St.Andrews, Stamford, dan Esplanade Drive. Sebanyak 21 kali tembakan penghormatan ke udara akan dilakukan, beserta dengan empat meriam kuno jenis 25-pounder hotwizers.

Ketika prosesi lewat di depan Balai Kota, empat pesawat jet tempur Angkatan Udara Singapura akan memberi penghormatan udara bagi Lee Kuan Yew.

Dua kapal patroli Angkatan Laut juga akan memberi penghormatan terakhir di perairan Marina Barrage.

Bendera hitam, yang biasa mencerminkan suasana berkabung, akan diterbangkan di sisi kanan dari tiang masing-masing kapal, bersama dengan sinyal bendera yang memuat huruf "L", "K" dan "Y".

Upacara pemakaman akan berlangsung di Pusat Kebudayaan akan dimulai pada pukul 14.00 dan akan disiarkan secara langsung di televisi nasional dan radio.

Usai upacara pemakaman, jenazah Lee Kuan Yew akan dibawa ke Mandai Crematorium untuk dikremasi. Proses kremasi ini akan berlangsung secara privat.