Pernikahan Putra Bungsu Sultan Brunei Berlangsung Sakral

Amanda Puspita Sari, CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2015 18:50 WIB
Pernikahan Putra Bungsu Sultan Brunei Berlangsung Sakral Raabi’atul ‘Adawiyyah, calon istri Pangeran Brunei Abdul Malik, merupakan gadis berparas cantik lulusan kontes kecantikan. (Dok. Kerajaan Brunei)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah serangkaian upacara pertunangan digelar pada Rabu lalu, pernikahan Pangeran Abdul Malik 31, dan gadis pujaannya Raabi’atul ‘Adawiyyah, 22, digelar dengan sakral pada Kamis (9/4). Dikutip dari Brunei Times, prosesi akad nikah, atau yang disebut juga dengan Akad Nikah Diraja berlangsung di Masjid Sultan Omar ‘Ali Saifuddien pada siang hari.

Prosesi pernikahan keluarga kerajaan Brunei Darussalam diawali dengan acara lamaran atau yang disebut Istiadat Bersuruh Diraja yang digelar secara mewah. Sementara, resepsi atau perayaan pernikahan dengan menghadirkan pengantin di pelaminan akan digelar pekan depan. Prosesi ini rencananya bakal berakhir pekan depan dengan pembacaraan doa dan shalawat. Sedari awal hajatan mewah pernikahan keluarga Kerajaan Brunei ini bakal dirayakan selama 11 hari.

Pangeran Abdul Malik merupakan putra bungsu dari istri pertama pemimpin Brunei, Sultan Hasanal Bolkiah. Istrinya, Raabi'atul adalah putri bangsawan Brunei yang juga mantan kontestan Miss Muslimah Brunei dan Miss World Muslimah.


Lulusan Kontes Kecantikan

Raabi’atul ‘Adawiyyah, gadis berparas cantik yang merupakan istri Pangeran Abdul Malik ini rupanya lulusan kontes Miss World Muslimah tahun 2013 silam.

Selama menjalani kontes ratu sejagat tersebut, Raabi’atul dikenal sebagai sosok perempuan yang hangat dan periang. Oleh kontestan lainnya, Raabi’atul juga kerap memperlihatkan sosok keibuan.

"Selama proses karantina hingga masa pengukuhan Putri Muslimah, saya mengenal dia sebagai sosok yang berpikir positif dan selalu mengajak temannya untuk berpikir positif," ujar Noor Aspasia, kontestan Miss World Muslimah dari Indonesia.

Sisi, sapaan akrab Noor, mengungkapkan bahwa sifat khas Raabi’atul yang selalu berpikir positif menjadikan gadis berusia 22 tahun ini kerap berperan sebagai pemberi nasihat.

Dari segi berbusana, Sisi menilai Raabi’atul menyukai busana muslimah yang sederhana, tak menyolok dan minim aksesoris.  "Dari segi fashion atau busana, Dayangku cukup tak muluk dan lebih suka memakai pakaian yg polos tanpa riasan, kata Sisi yang merujuk Raabi’atul dengan sapaan Dayangku.

Satu hal yang tak terlupakan dari pengalaman berkenalan dengan calon putri Brunei ini, menurut Sisi, adalah kemerduan suara Raabi’atul ketika melafazkan ayat Al-Qur'an.

"Suaranya sangat merdu terutama saat melantukan Al-Quran, tak heran dia jadi juara terbaik dalam membaca Al-Quran di World Muslimah 2013," ujar wartawan yang berhasil menjadi runner-up dalam ajang kecantikan tersebut.

Kepiawaian Raabi’atul ini nampaknya berhasil merebut hati sang pangeran. Dalam laman media sosial Facebook miliknya, sang pangeran sempat menyampaikan pujiannya kepada sang calon istri.

"Keahlian ini turut membawanya berjaya mendapat gelar Pembaca Al-Qur'an Terbaik Muslimah (Best Muslimah Al-Qur'an Recital) keseluruhan dari kesemua aspek pada tahun 2013 saat mewakili negara dalam Pertandingan Wanita Muslimah di Republik Indonesia yang berkaitan dengan keagamaan," kata Abdul.

Abdul adalah anak ke-6 dari istri pertama Sultan Bolkiah, sementara Raabi'atul adalah putri bangsawan Brunei. Pesta pernikahan keduanya akan digelar selama 11 hari, dimulai dengan acara lamaran dan pesta rakyat. (Baca juga: Royal Wedding Brunei Digelar Meriah Selama 11 Hari)

Diberitakan Brunei Times, kemarin Digelar acara tunangan atau Tanda Diraja Ceremony. Dalam acara ini, Abdul menyerahkan mahar di antaranya adalah berbagai perhiasan yang nilainya setara Rp 10 juta.

Sementara Akad nikah pada hari ini, resepsi atau perayaan pernikahan dengan menghadirkan pengantin di pelamin akan digelar pekan depan. Prosesi ini berakhir pekan depan dengan pembacaraan doa dan shalawat. (ama/stu)