Demonstrasi Ratusan Buruh Restoran Cepat Saji di New York

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 16/04/2015 17:35 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan buruh restoran makanan cepat saji berdemonstrasi menuntut kenaikan upah minimun menjadi US$15 per jam di New York, Kamis (15/4).

Ratusan buruh restoran makanan cepat saji berdemonstrasi di gerai restoran McDonald's, menuntut kenaikan upah minimun menjadi US$15 atau Rp193 ribu per jam di New York, Rabu (15/4). (Reuters/Lucas Jackson)
Sebagian besar di antaranya beraksi pura-pura mati, atau
Unjuk rasa digelar sekitar pukul 6 pagi waktu setempat di depan sebuah gerai McDonald's di Brooklyn, dengan sebagiah besar demonstran membawa atribut lembaran uang dolar yang telah digambar sosok Ronald McDonald, maskot dari McDonald's. (Reuters/Lucas Jackson)
Demonstran juga berunjuk rasa juga terjadi di Manhattan, dengan membawa atribut angka 15 yang berarti kenaikan upah hingga US$15 per jam, bertepatan dengan pembatasan lapor pajak di AS yang jatuh pada tanggal 15 April 2015. (Reuters/Shannon Stapleton)
Para demonstran membawa spanduk yang bertuliskan slogan seperti
Dalam demonstrasi ini, para buruh mengeluhkan bahwa upah yang mereka terima tidak manusiawi dan tidak dapat mengeluarkan mereka dari kemiskinan. Mereka berencana untuk bergabung dan membentuk serikat buruh. (Reuters/Shannon Stapleton)
Upah minimum di negara bagian New York saat ini sebesar US$8,75 atau Rp113 ribu per jam, direncanakan akan naik menjadi US$9, atau Rp116 ribu per jam pada tahun 2016. (Reuters/Shannon Stapleton)
Program Presiden AS Barack Obama untuk mendorong kenaikan upah minimum hingga US$10,10 (Rp130 ribu) per jam mendapat halangan dari Partai Republik yang konservatif. (Reuters/Shannon Stapleton)