Foto

Napak Tilas Tandai Penutupan Peringatan 60 Tahun KAA

CNN Indonesia | Jumat, 24/04/2015 16:32 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Rangkaian penutupan Konferensi Asia Afrika dimulai dengan napak tilas para pemimpin negara dan diakhiri dengan penandatanganan Pesan Bandung.

Sedari pagi, warga Bandung bersiap menyambut rombongan kepala negara dan delegasi negara yang akan melakukan napak tilas pada Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika di Bandung, Jumat (24/4). (CNN Indonesia/Gilang Fauzi)
Prosesi napak tilas atau historical walk diawali dengan iring-iringan pasukan TNI yang membawa bendera berbagai negara peserta Konferensi Asia-Afrika. (Antara/Yudhi Mahatma)
Sekitar pukul 09.17, rombongan kepala negara dipimpin oleh Presiden Jokowi beserta ibu negara Iriana memulai napak tilas dari Hotel Savoy Homann menuju Gedung Merdeka. (Reuters/Achmad Ibrahim/Pool)
Dalam rombongan, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana diapit oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping beserta istri, Peng Liyuan di sebelah kanan. Sementara di sebelah kiri, Jokowi didampingi oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak beserta istrinya, Rosmah Mansur. (Antara/Rosa Panggabean15)
Seusai prosesi napak tilas, seluruh rombongan kepala negara dan delegasi memasuki Gedung Merdeka. Wali kota Bandung, Ridwan Kamil memberikan pidato menyambutan dan membacakan dasa sila Bandung dalam bahasa Inggris. (Antara/M Agung Rajasa)
Seusai Ridwan Kamil berpidato, giliran Presiden Jokowi yang menyampaikan pidato penutupan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika. Pidato Jokowi berisi pesan menggelorakan Semangat Bandung kepada para pemimpin negara Asia dan Afrika. (Antara/M Agung Rajasa)
Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Pesan Bandung oleh Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping (kanan) berjabat tangan dengan Raja Swaziland Mswati III (kiri), disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (tengah). (Antara/M Agung Rajasa)
Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo juga menandatangani Monumen Solidaritas Asia Afrika di, Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/4). (Antara/Agus Bebeng)