Jokowi Diterima PM Malaysia dalam Gala Dinner KTT ASEAN

Resty Armenia, CNN Indonesia | Minggu, 26/04/2015 22:05 WIB
Jokowi Diterima PM Malaysia dalam Gala Dinner KTT ASEAN Presiden Jokowi menghadiri KTT ASEAN ke-26 di Kuala Lumpur, Malaysia, yang diselenggarakan pada Senin (27/4). (Reuters/Jerry Adiguna)
Kuala Lumpur, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Gala Dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-26 bersama para kepala negara Asia Tenggara lainnya. Dalam acara ini, ia disambut oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Acara dimulai sekitar pukul 21.00 waktu setempat di Kuala Lumpur Convention Centre (KLCC), Malaysia, Minggu (26/4). Kesepuluh kepala negara, termasuk Presiden Jokowi, kompak memakai baju tradisional Malaysia berwarna biru cerah. Tarian Mak Yong membuka acara tersebut, lalu Najib memulai pidatonya.

"Sebuah kehormatan untuk menerima kedatangan Anda di Kuala Lumpur dan di Gala Dinner KTT ASEAN ke-26 malam ini," ujar Najib ketika membuka pidatonya.


"Semenjak menjadi Perdana Menteri, saya berkesempatan untuk mendatangi KTT ASEAN di enam negara. KTT ASEAN yang ke-14 digelar di Thailand pada April 2009 adalah pengalaman pertama saya, sekitar seminggu setelah saya menduduki jabatan ini," kata dia.

"Saya terkesima dengan kedekatan dan kehangatan para kepala negara ASEAN, sebuah kesan yang telah terkuatkan selama bertahun-tahun. Saya berterima kasih atas penerimaan di negara Anda. Sekarang giliran saya yang melakukan itu," ujar dia.

Tahun ini, Malaysia memang mendapat giliran untuk memimpin kawasan Asia Tenggara. Tema kepemimpinan pada 2015 ini adalah 'Our People, Our Community, Our Vision'. Najib berpendapat, dengan tema ini maka fokus terletak pada pembentukan negara-negara ASEAN yang berpusat pada sumber daya manusia.

Tak hanya itu, Malaysia berhasi merilis GO ASEAN, sebuah kanal perjalanan baru untuk memamerkan hal-hal berbasis pariwisata terbaik yang dimiliki negara-negara ASEAN.

Setelah Najib pidato, jamuan makan malam dimulai dengan diiringi permainan alat musik orkestra. Tak hanya itu, di layar videotron raksasa diperlihatkan berbagai destinasi wisata di masing-masing negara ASEAN.

KTT ASEAN ke-26 yang akan digelar pada 27 April 2015, terdiri atas dua sesi, yaitu sesi Pleno di Kuala Lumpur dan Retreat di Langkawi. (stu)