Spanyol Naikkan Usia Legal Menikah dari 14 Jadi 16 Tahun

Ranny Virginia Utami, CNN Indonesia | Jumat, 24/07/2015 18:34 WIB
Spanyol Naikkan Usia Legal Menikah dari 14 Jadi 16 Tahun Demi menangkal tingginya angka eksploitasi dan pernikahan paksa, terutama terhadap anak-anak, pemerintah Spanyol menaikkan aturan usia legal menikah dari 14 tahun menjadi 16 tahun. (Thinkstock/MarkgrafAve)
Madrid, CNN Indonesia -- Spanyol menaikkan usia pernikahan legal dari 14 tahun menjadi 16 tahun. Hal ini dilakukan untuk menangkal tingginya angka eksploitasi dan pernikahan paksa, terutama terhadap anak-anak.

Diberitakan The Independent, Jumat (24/7), pernikahan bagi anak usia 16 tahun ke atas masih memerlukan izin orang tua atau izin dari otoritas peradilan. Umumnya, pernikahan legal bagi kebanyakan orang terjadi pada usia 18 tahun.

Perubahan aturan ini dilakukan beberapa bulan setelah pemerintah Spanyol menaikkan usia legal untuk hubungan seksual dari usia 13 tahun menjadi 16 tahun.


Perserikatan Bangsa-Bangsa dan yayasan anak-anak mendesak Spanyol untuk sejalan dengan negara-negara Eropa lainnya, dengan alasan bahwa hukum ini dapat menjadikan anak-anak rentan terhadap kekerasan.

"Yang paling mendasar sebenarnya adalah upaya melindungi (anak-anak dari) kemungkinan pernikahan paksa, eksploitasi seksual atau kejahatan terhadap anak, khususnya anak perempuan," ujar Ana Sastre dari kelompok Save The Children di Spanyol.

UNICEF menyambut perubahan ini setelah bertahun-tahun melakukan kampanye untuk menumbuhkan kepekaan terhadap pendidikan dan kekerasan, bersama dengan Komite PBB terkait Hak Anak dan Dewan Eropa.

Hingga Kamis (23/7), anak berusia 14 tahun diperbolehkan menikah atas perizinan hakim, sementara mereka yang berusia 16 tahun atau lebih memerlukan perizinan orang tua.

Dalam beberapa tahun terakhir pernikahan anak di bawah usia 16 tahun sangat sedikit terjadi di Spanyol. Tahun lalu tercatat hanya ada lima pernikahan dan pada 2013 hanya ada dua, menurut data resmi pemerintah.

Sejak 1975, sebanyak 28.690 anak-anak menikah di Spanyol. Angka tertinggi tercatat pada 1979 di mana ada 2.837 pernikahan yang melibatkan 2.763 anak perempuan.

Tingkat pengangguran di kalangan pemuda yang tinggi, ditambah dengan resesi, menunjukan banyak pemuda Spanyol masih tinggal bersama orang tua. Mereka menunda untuk menikah hingga usia 37 tahun bagi laki-laki dan 34 tahun bagi perempuan.

Pasangan dari komunitas tradisional Roma, Spanyol, menikah di usia lebih muda jika dibandingkan dengan kelompok lain. Namun, para pemimpin komunitas mengatakan sudah saatnya melakukan perubahan.

Salah satunya adalah Mariano Gonzales, pengelola Roma Union of Madrid mengatakan kepada El Pais, "Kita sekarang ada di abad 21 dan normal jika para pemuda menikah nanti".

"Di masa lalu, normal bagi pasangan mana pun, entah Gipsi atau tidak, menikah pada usia muda. Meskipun tradisi kita seperti itu tetapi sekarang kita bisa menikah nanti. Hukum ini adalah langkah maju di masa kita hidup," lanjutnya.

Aturan usia legal pernikahan dan kemitraan sipil di Inggris, Wales dan Irlandia Utara adalah usia 16 tahun dengan izin orang tua dan 18 tanpa izin orang tua. Di Skotlandia, orang-orang bisa menikah di usia 16 tahun tanpa memerlukan perizinan dari manapun.