Dituduh Memerkosa, Cucu Nelson Mandela Dipenjara di Afsel

Amanda Puspita Sari, CNN Indonesia | Rabu, 19/08/2015 09:57 WIB
Dituduh Memerkosa, Cucu Nelson Mandela Dipenjara di Afsel Mbuso Mandela, 24, kini berada dalam tahanan polisi karena dituduh memerkosa gadis berusia 15 tahun di dalam toilet sebuah bar di Afrika Selatan. (Dok. twitter.com/bonafidechats)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petugas kepolisian Afrika Selatan pada Selasa (18/8) menyatakan bahwa salah satu cucu Nelson Mandela, Mbuso Mandela telah dibekuk petugas kepolisian atas dugaan memerkosa gadis berusia 15 tahun.

Juru bicara polisi Afsel, Brigadir Mashadi Selepe memaparkan bahwa Mandela, 24, kini berada dalam tahanan polisi dan akan menjalani sidang jaminan di Pengadilan Hakim Johannesburg pada Jumat (14/8). Mandela hadir dalam pengadilan pada Senin (17/8) lalu, dan didakwa atas kasus pemerkosaan.

Dilaporkan The Guardian, Mandela terlihat tenang dan santai dalam pengadilan pada Senin lalu. Pemerkosaan tersebut diduga terjadi di sebuah bar bernama Mammas Shebeen, di Greenside, pinggiran Johannesburg, pada Jumat (7/8) lalu.


Gadis remaja tersebut tengah berjalan ke toilet, namun diikuti sang pelaku perkosaan. Insiden perkosaan diduga terjadi di kubikel toilet.

Kasus ini kemudian dilaporkan ke polisi dan Mandela dibekuk pada Sabtu (15/8). Pihak kepolisian menyatakan bahwa Mandela tidak akan diperlakukan berbeda dengan tersangka tindak kejahatan lainnya, hanya karena dia cucu mantan presiden Afrika Selatan.

"Semua hak tersangka akan diberikan selama proses investigasi dan penahanan berlangsung," kata Selepe.

Media Afrika Selatan, Timeslive melaporkan bahwa pegawai bar tersebut tidak menyadari adanya insiden perkosaan pada 7 Agustus lalu.

Pemilik bar, Yaw Dwomoh menyatakan bahwa petugas kepolisian belum meminta keterangan apapun darinya. "Kami akan bekerja sama, kami memiliki delapan kamera di restoran. Masalahnya, rekaman CCTV hanya berlangsung selama 120 jam, jadi (rekaman pada malam tersebut) telah dihapus," kata Dwomoh.

Mbuso Mandela merupakan salah satu dari 17 cucu tokoh mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela. Mbuso merupakan keturunan dari istri pertama Mandela, Evelyn Mase. Mandela sendiri memiliki tiga istri.

Nelson Mandela merupakan tokoh revolusi anti-apartheid dan presiden kulit hitam pertama di negara tersebut. Mandela meninggal pada 2013 lalu di usia 95 tahun.

Mbuso dilaporkan menerima warisan Mandela sekitar US$300 ribu, atau sekitar Rp4,1 miliar. (ama/ama)