Obama Apresiasi Sikap Merkel terkait Imigran

Ranny Utami/Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 27/08/2015 14:47 WIB
Obama Apresiasi Sikap Merkel terkait Imigran Presiden AS Barack Obama mengapresiasi keputusan Kanselir Jerman Angela Merkel yang berupaya membantu para imigran asal Suriah ini melalui penggandaan dana. (Reuters/Christian Hartmann)
Washington, CNN Indonesia -- Presiden AS Barack Obama mengapresiasi kepemimpinan Kanselir Jerman Angela Merkel dalam menangani permasalahan krisis imigran di Eropa. Menurut Gedung Putih, Obama menyampaikan apresiasinya tersebut melalui sambungan telepon langsung kepada Merkel pada Rabu (26/8).

Diberitakan Reuters, Kamis (27/8), Obama mengapresiasi keputusan Merkel yang akan meringankan beban negara-negara lain dengan memberikan tempat bagi para imigran Suriah.

Belakangan ini, jumlah imigran yang menuju Eropa semakin melonjak. Mereka melarikan diri dari daerah asal untuk menghindari konflik atau menyudahi kemiskinan di Timur Tengah, Afrika dan Asia.


Tahun ini, Jerman diperkirakan akan menerima 800 ribu imigran. Protes dari warga Jerman pun muncul, terutama di kawasan timur, yang menolak kedatangan para imigran tersebut.

Di kota Heidenau kawasan timur Jerman, Merkel mengatakan bahwa xenofobia adalah tindakan yang tidak bisa ditoleransi. Pernyataan Merkel tersebut kemudian memicu cemooh dan kibaran spanduk bertuliskan 'Volksverraeter' yang berarti pengkhianat, sebuah slogan yang diadopsi oleh gerakan anti-Islam PEGIDA awal tahun ini.

"Tidak ada toleransi bagi mereka yang mempertanyakan perbedaan orang lain, tidak ada toleransi bagi mereka yang enggan membantu orang yang membutuhkan," ujar Merkel.

"Semakin banyak orang yang melakukan hal itu (membantu orang yang membutuhkan), maka akan semakin kuat kita nanti," lanjutnya.

Dengan semakin banyaknya serangan di tempat penampungan pengungsi dan peringatan terhadap meningkatnya intoleransi terhadap orang asing, kabinet pemerintahan Merkel pun bersepakat untuk menggandakan dana tahun ini guna membantu kota-kota dalam mengatasi kedatangan para imigran. (stu)