ISIS Perluas Kekuasaan Hingga Perbatasan Turki

Denny Armandhanu, CNN Indonesia | Kamis, 27/08/2015 17:04 WIB
ISIS Perluas Kekuasaan Hingga Perbatasan Turki Ilustrasi (Reuters/Murad Sezer)
Istanbul, CNN Indonesia -- ISIS memperluas kekuasaan mereka di Suriah setelah menguasai wilayah dekat perbatasan Turki. Sebelumnya wilayah ini akan dijadikan lini depan Turki dan Amerika Serikat dalam memerangi ISIS.

Seperti diberitakan Reuters, Kamis (27/8), yang mengutip laporan lembaga Syrian Observatory for Human Rights, ISIS telah merebut lima desa, dua di antaranya terletak di dekat perbatasan Turki, dari tangan pemberontak Suriah.

Sebelumnya dua desa yang direbut ISIS telah diserahkan oleh kelompok Nusra Front yang berafiliasi dengan Al-Qaidah kepada militan lainnya.


ISIS sendiri mengumumkan telah mencaplok tiga desa di wilayah tersebut dan mengatakan bahwa para tentaranya telah mengepung daerah yang dikuasai pemberontak Suriah di kota Marea, sekitar 20 kilometer, selatan perbatasan Turki.

Menteri Luar Negeri Tukri Mevlut Cavusoglu mengatakan awal pekan ini bahwa mereka akan segera melancarkan serangan terhadap ISIS di wilayah perbatasan.

ISIS belakangan ini meningkatkan serangan terhadap pemberontak Suriah di utara Aleppo sejak Turki mengumumkan rencana mengusir kelompok pimpinan Abu Bakr al-Baghdadi tersebut dari daerah itu.

Turki sendiri mengatakan akan membentuk zona penyangga dengan Amerika Serikat di wilayah perbatasan untuk melancarkan serangan terhadap ISIS.

Kelompok Nusra Front mundur dari wilayah itu karena tidak ingin dianggap membantu perjuangan Turki dan AS memberantas ISIS. (den)