AS Akan Kirim 450 Tentara ke Eropa

Fadli Adzani, CNN Indonesia | Jumat, 28/08/2015 18:34 WIB
AS Akan Kirim 450 Tentara ke Eropa (Ilustrasi/morgueFile)
Jakarta, CNN Indonesia -- Angkatan Darat Amerika Serikat akan mengirimkan ratusan tentara ke Eropa untuk membantu sekutu Pakta Pertahan Atlantik Utara atau NATO, dilaporkan The Army Times.

Angkatan Darat AS mengumumkan pada Kamis (27/8) bahwa sekitar 450 tentara akan dikerahkan ke Jerman pada November tahun ini.

Tentara itu akan dikirim dari Fort Hood, Texas, dan akan berada di Eropa selama sembilan bulan, sebagai bagian dari rotasi tetap untuk mendukung Operation Atlantic Resolve dan tentara AS di Eropa.


Lebih lanjut, setelah sampai di Jerman, tentara itu akan memberikan transportasi medis dan melancarkan operasi penerbangan di Eropa dengan satuan serta pasukan AS yang ada di negara anggota NATO.

“Menyedikan pasukan terlatih dan siap untuk mendukung tentara AS di Eropa, dan NATO menunjukkan komitmen kami untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama dan menguatkan hubungan,” kata Mayjen Michael Bills, komandan Divisi Kavaleri pertama AS.

Sebelumnya, Angkatan Darat AS meluncurkan Operation Atlantic Resolve pada musim semi 2015, dalam upaya "membantu sekutu AS di Eropa terkait agresi Rusia yang tengah meningkat".

Ketetapan Atlantik itu terdiri dari rangkaian pelatihan yang dimulai di Polandia dan tiga negara Baltik seperti Lithuania, Latvia dan Estonia. Sekarang, operasi itu sudah meluas ke Romania, Bulgaria dan negara NATO lainnya. (stu)