PM Najib Soal Aksi di Malaysia: Apa Artinya 20 Ribu Orang?

Denny Armandhanu, CNN Indonesia | Minggu, 30/08/2015 14:23 WIB
PM Najib Soal Aksi di Malaysia: Apa Artinya 20 Ribu Orang? Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan, 20 ribu peserta aksi Bersih hanya segelintir warga Malaysia. (Reuters/Olivia Harris)
Terengganu, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Malaysia Najib Razak kembali menyampaikan komentar soal aksi Bersih yang bisa bikin panas telinga demonstran.

Diberitakan AsiaOne, Minggu (30/8), Najib mengatakan bahwa puluhan ribu orang yang terlibat dalam aksi Bersih kali ini hanya segelintir kecil dari masyarakat Malaysia. Sebagian warga negara lainnya, kata dia, senang dengan pemerintahannya.

"Mereka mungkin ada 20 ribu orang, seperti yang dilaporkan media, tapi saya yakin hanya 20 ribu yang tidak puas. Sisanya dari populasi Malaysia mendukung pemerintah," kata Najib sebelum meluncurkan Hari Permukiman Felda di stadion indoor Gong Badak, Kuala Terengganu.


Felda adalah Badan Pembangunan Tanah Federal, yang pada awal pembentukannya bertugas membangun permukiman di wilayah miskin. Saat ini Felda bertugas mengembangkan sektor ekonomi dan bisnis.

Najib mengatakan bahwa Felda akan membangun rumah murah bagi warga miskin yang harganya kurang dari 7.000 ringgit atau Rp236 juta.

Hari ini adalah hari kedua aksi Bersih digelar di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur. Sejauh ini aksi tersebut berlangsung damai tanpa adanya gesekan dengan aparat.

Aksi Bersih telah digelar beberapa kali di Malaysia untuk mendesak reformasi. Namun aksi kali ini fokus menyerukan Perdana Menteri Najib Razak untuk turun.

Najib dituduh terlibat korupsi setelah dana sebesar US$600 juta dari lembaga investasi 1MDB mampir di rekening pribadinya.

Lembaga anti-korupsi Malaysia mengatakan dana yang dibayarkan ke rekening Najib adalah sumbangan dari Timur Tengah, yang terjadi sebelum pemilihan 2013, tapi identitas donor belum terungkap.

Najib membantah tuduhan tersebut, namun sembari memberangus pemberitaan media dan aksi protes menentang pemerintahannya.

Sebelumnya Najib mengatakan bahwa para demonstran itu dangkal dan miskin dalam hal patriotisme dan kecintaan pada negeri. Najib dalam komentarnya kali ini mengatakan, tidak sulit mengumpulkan orang sebegitu banyak untuk menentang pemerintah.

"Apa artinya 20 ribu? Kami bisa mengumpulkan ratusan ribu orang. Permukim Felda saja bisa mencapai angka itu," kata Najib. (den)