Buat Video Pakai Tongsis, Obama Jelaskan Perubahan Iklim

Hanna Azarya Samosir , CNN Indonesia | Kamis, 03/09/2015 14:46 WIB
Buat Video Pakai Tongsis, Obama Jelaskan Perubahan Iklim Barrack Obama menjelaskan mengenai perubahan iklim di Alaska dengan merekam video menggunakan kamera yang ditancapkan ke monopod, Rabu (2/9). (Reuters TV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengakhiri sisa waktunya dalam kunjungan selama tiga hari di Alaska dengan merekam video menggunakan kamera dan monopod atau tongkat selfie.

Dalam video yang diunggah melalui akun Twitter Gedung Putih, @WhiteHouse, Obama memperlihatkan bagaimana perubahan di Alaska dapat berdampak pada Amerika secara keseluruhan.

Berdiri di salah satu situs gletser yang paling ramai dikunjungi turis, Kenai Fjords National Park, Obama berkata, "Jika perubahan iklim di Alaska lebih cepat dua kali lipat dari seharusnya, di 43 negara bagian lain akan ada gletser yang mencair dari balok-balok es, batas laut meninggi, dan ini akan meningkatkan dampak masalah perubahan iklim secara keseluruhan."

Namun, Obama yakin hal tersebut masih dapat dicegah jika semua warga dan pemerintah bergerak melakukan perubahan sedini mungkin.

"Kita harus melakukan sesuatu. Berita baiknya adalah kita dapat berhasil jika kita mengambil langkah pintar sekarang," ucap Obama.

Obama lantas memutar kameranya sehingga kamera mengarah ke alam sekitar. "Ini sangat indah," katanya.

Di hari yang sama, Obama juga melintasi langit Kivalina untuk membuktikan bahwa lelehan es sudah menambah tinggi air laut. Menurut Obama, Kivalina adalah salah satu patokan indikator kesulitan yang akan dialami negara bagian lain jika perubahan iklim tidak ditangani dengan tepat.

"Saya telah mencoba membuat seisi negara lebih memerhatikan perubahan iklim, tapi kalian semua sebenarnya sudah mengalaminya," ucap Obama kepada masyarakat di salam satu sekolah seperti dikutip Reuters.

Menyusuri ruas-ruas jalan Alaska, kehadiran Obama tak ayal menarik perhatian warga.

"Ini adalah hal terbaik yang pernah saya lihat dalam hidup. Presiden, di Kotzebue, kampung halaman saya!" tutur Betty Kingeak, seorang petugas kasir di restoran Little Louie.

Kingea pun menyadari bahwa perubahan iklim bisa saja membuat anaknya tidak bisa berkemah, berburu, dan memancing, seperti yang sering ia lakukan.

Agar generasi penerus dapat menikmati alam, Obama meminta dukungan pasukan pendukung untuk mencapai kesepakatan pengurangan emisi karbon.

Obama juga ingin meyakinkan Kongres untuk setidaknya menyediakan satu alat berat pemecah es bagi Penjaga Pantai AS.