Musibah Haji

JK Berbelasungkawa atas Tewasnya Ratusan Jemaah di Mina

Utami & Noor Aspasia Hasibuan, CNN Indonesia | Kamis, 24/09/2015 19:35 WIB
JK Berbelasungkawa atas Tewasnya Ratusan Jemaah di Mina Jemaah Muslim berduka di dekat sebuah jasad setelah ratusan tewas akibat terinjak-injak di Mina, Kamis (24/9). (Dok. Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Waki Presiden RI, Jusuf Kalla, menyampaikan dukacita yang mendalam atas tragedi Mina yang menewaskan ratusan jemaah haji.

Peristiwa tersebut, kata Kalla, kemungkinan disebabkan oleh kepanikan yang menyebabkan jemaah haji dalam jumlah besar berdesak-desakan dan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.
"Memang tidak mudah mengelola jutaan orang dalam waktu bersamaan. Sehingga, jika terjadi kepanikan mudah menimbulkan korban," kata Kalla seperti dikutip oleh juru bicaranya, Husain Abdullah, pada Kamis (24/9).

Lebih lanjut, Kalla meminta seluruh rombongan jemaah haji Indonesia agar disiplin mengikuti seluruh prosesi dengan mematuhi pembimbing masing-masing.
"Juga kiranya dapat menjaga kesehatan mengingat cuaca panas yang cukup menguras tenaga dan butuh ketahanan fisik," ujar Kalla.


Berdasarkan keterangan pemerintah Arab Saudi, jumlah korban tewas akibat tragedi di Mina mencapai 413. Sementara, 719 jemaah dikabarkan luka-luka.
Para korban yang luka-luka didistribusikan ke empat rumah sakit di dekat area Mina. Beberapa yang korban luka dievakuasi dengan helikopter ke sejumlah rumah sakit di Mekkah. (utd/utd)