Gempa Meluluhlantakkan Wilayah Afghanistan dan Pakistan

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2015 13:54 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa bumi kemarin sore telah menewaskan lebih dari 300 orang di Pakistan dan Afghanistan. Bangunan luluh lantak akibat lindu 7,5 skala Richter itu.

Gempa bumi terjadi pada Senin (26/10) di Afghanistan, terasa getarannya hingga Pakistan dan India, menewaskan sedikitnya 300 orang. (Reuters/Fayaz Aziz)
Di sebuah kota Afghanistan, 12 siswi sekolah tewas terinjak dan terhimpir saat ratusan pelajar di sekolah kota Talugan panik berlarian saat gempa. (Reuters/Parwiz)
Total sejauh ini ada 306 korban tewas di tiga negara terdampak gempa. Terbanyak berasal dari timurlaut Pakistan, berjumlah 229 orang, sisanya dari Afghanistan dan India. (Reuters/Stringer)
Pusat gempa terjadi di dekat kota Jarm di Afghanistan yang padat penduduk. Banyak bangunan bertembok lumpur di kota ini ambruk, mengubur penghuninya. (Reuters/Hazrat Ali Bacha)
Gempa ini mirip dengan gempa Kashmir tahun 2005 lalu yang berkekuatan 7,5 skala Richter, menewaskan 70 ribu orang. Tapi gempa kali ini terjadi jauh di dalam bumi, 223 kilometer dari permukaan. (Reuters/Khuram Parvez)
Menurut Ahmad Barmak, Menteri Dalam negeri Afghanistan, sekitar 4.000 rumah ambruk atau rusak akibat gempa. (Reuters/Khuram Parvez)
Gempa susulan terjadi terus menerus, terasa hingga New Delhi di utara India dan Pakistan, ratusan orang berlarian menyelamatkan diri. Tumpukan kendaraan terjadi di Srinagar setelah aparat menutup jembatan layang untuk pencegahan pasca gempa. (Reuters/Danish Ismail)
Di Pakistan, hampir 1.000 orang terluka tertimpa bangunan roboh karena gempa. Diperkirakan jumlah korban masih akan bertambah. (Reuters/Fayaz Aziz)
Gempa kali ini terjadi selang enam bulan setelah peristiwa serupa terjadi di Nepal pada 25 April lalu, menewaskan 9.000 orang dan merusak 900 ribu rumah. (Reuters/Fayaz Aziz)