Berlian Biru Laku Dilelang Rp657 Miliar

Denny Armandhanu, CNN Indonesia | Kamis, 12/11/2015 09:42 WIB
Berlian Biru Laku Dilelang Rp657 Miliar Berlian biru langka "Blue Moon" memecahkan rekor lelang perhiasan termahal di dunia. (Reuters/Denis Balibouse/Files)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah berlian biru langka yang dinamakan "Blue Moon" terjual dalam sebuah lelang di Jenewa dengan harga US$48,4 juta atau lebih dari Rp657 miliar. Penjualan pada Rabu (11/11) itu memecahkan rekor sebagai harga termahal untuk sebuah batu mulia.

Diberitakan Channel NewsAsia, berlian 12,03 karat tersebut oleh para ahli dilabeli sebagai perhiasan tanpa cacat. Berlian yang diikat di sebuah cincin tersebut dibeli oleh seorang kolektor asal Hong Kong yang langsung menamainya "The Blue Moon of Josephine."

David Bennet, kepala balai lelang Sotheby's untuk divisi perhiasan internasional yang menyelenggarakan lelang berlian biru mengatakan, penjualan itu memecahkan rekor "sebagai berlian termahal dan perhiasan termahal yang pernah dijual dalam lelang."


Berlian itu juga masuk dalam kategori termahal dalam hitungan per karat, yaitu lebih dari Rp54 miliar untuk setiap karatnya.

Dua orang peserta lelang melalui telepon bertarung untuk memperebutkan berlian itu selama delapan menit sebelum palu akhirnya diketuk.

Berlian itu ditemukan di Afrika Selatan pada Januari tahun lalu dan menjadi berlian biru terbesar yang pernah dilelang.

Sehari sebelumnya balai lelang Christie's di Jenewa juga berhasil menjual berlian pink 16,08 karat dengan harga US$28,5 juta.

Para ahli perhiasan mengatakan berlian berwarna kian dicari oleh para kolektor. Berlian pink dan biru mencuri banyak perhatian pecinta batu mulia dalam pameran perhiasan di Jenewa. (den)


ARTIKEL TERKAIT