Warga Belgia Lawan Ancaman Teror dengan Foto Kucing

Melodya Apriliana/CNN, CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2015 12:43 WIB
Di tengah ancaman teror yang membuat Belgia waspada penuh, warga Brussels melawan dengan menggunakan foto kucing. Belgia menghadapi ancaman serius terorisme dan berada dalam waspada penuh pasca serangan Paris. (Reuters/Youssef Boudlal)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pekan ini, Belgia tengah berada dalam waspada penuh pascateror Paris pada Jumat (13/11) di tengah pencarian tersangka lain yang diduga terlibat dalam tragedi berdarah tersebut.

Karena "ancaman serius" tersebut, sekolah, universitas, dan kereta bawah tanah ditutup hingga Senin kemarin seiring berlanjutnya perburuan oleh pihak berwenang, demi mencegah kejadian yang sama terulang di ibu kota Brussels.

Kendati demikian, warga Belgia justru menanggapi ketegangan yang ada dengan sikap menantang yang sungguh manis di media sosial, yakni dengan gambar-gambar kucing.
Dilansir CNN pada Senin (23/11), semuanya bermula ketika kepolisian federal negara itu meminta kepada publik via akun Twitter @PolFed_presse agar tetap tenang di tengah operasi kontrateroris, supaya polisi dapat menemukan target-target potensial.


Lantas, pengguna Twitter malah membanjiri tagar #BrusselsLockdown dengan meme kucing. Warga Belgia nampaknya tak kehilangan rasa humor meski di tengah ancaman teror. Berkat itu pula, segala pergerakan polisi yang mungkin telah dibagikan di media sosial dapat terkubur, menghindari kaburnya target yang sedang diburu.

(Akun Twitter @TineEeckhout)
"Unggah gambar kucing, bukan polisi #BrusselsLockdown #Belgian Surrealism" ujar salah satu Tweet milik @yvesalexandre, mendampingi foto seekor kucing yang tengah menenggak bir.

Di Tweet lain milik @TineEeckhout, nampak pula foto kucing selebriti berwajah gusar, Grumpy Cat, mengenakan helm tentara. "Semoga kekuatan menyertai kita. #BrusselsLockdown"
Dan masih banyak lagi foto kucing sambil menggendong senjata bak polisi.

Selain saling menguatkan sesama warga, meme kucing tersebut sekaligus menertawakan kesusahan yang dihadapi warga Belgia.

"Wahai orang-orang di luar sana, beginilah cara kami melawan terorisme," bunyi Tweet seorang warga Brussels, Gilles Bordelais. "Kami punya kucing!"

Respons terhadap krisis itu terang saja mengundang dukungan dari berbagai belahan dunia, dan memberi kekuatan bagi mereka yang juga menghadapi keadaan serupa.
"Luar biasa, Belgia. Tidak menyerah terhadap rasa takut dan menjadikan #BrusselsLockdown sebagai tagar terbaik tahun 2015 #Cats" kata @tony_colville yang mengunggah cuitannya dari Inggris.

Sementara itu, Wendy Carrara asal Paris mencuit gambar anak kucing sedang menatap genangan air, namun refleksi yang muncul adalah seekor harimau besar.

"#BrusselsLockdown mendukung Kepolisian Belgia. Kita lebih kuat daripada yang kita kira! #Brave"

Kepolisian Federal Belgia pun menerima segala dukungan yang beredar itu. Senin kemarin, mereka ikut mengunggah foto mangkok berisi makanan kucing, sebagai simbol rasa terima kasih "kepada kucing-kucing yang kemarin membantu kami." (stu)