Korut Buat Tiruan Istana Presiden Korsel untuk Latihan Tembak

Elvina Rosita, CNN Indonesia | Kamis, 28/04/2016 11:22 WIB
Korut Buat Tiruan Istana Presiden Korsel untuk Latihan Tembak Blue House, istana presiden Korsel, dibuat replikanya untuk latihan serang militer Korut. (Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korea Utara sedang mempersiapkan replika istana Kepresidenan Korea Selatan untuk dijadikan target latihan tembak militer.

Seorang perjabat kepala staf gabungan militer Korsel di Seoul mengatakan Korut terdeteksi membuat replika yang ukurannya hampir menyerupai istana presiden "Blue House" di daerah pertanian Daiwonri dekat ibu kota Pyongyang pada awal bulan ini.

Blue House adalah kantor dan kediaman pemimpin Korsel, dinamakan demikian karena atap bangunan itu yang berwarna biru.


"Korut tampaknya sedang mempersiapkan untuk melakukan latihan serangan ke Blue House dengan menggunakan replika sebagai target," kata pejabat itu, dikutip AFP, Rabu (27/4).

Sekitar 30 senjata artileri telah dibawa ke lokasi tersebut dengan kendaraan tertutup.

"Latihan ini diyakini bertujuan untuk membuat permusuhan terhadap Korsel, menyerukan loyalitas (kepada Kim Jong Un) dan memicu kekhawatiran keamanan di Korsel," tambahnya.

Korut saat ini tengah meningkatkan sentimen nasionalisme warganya jelang Kongres Partai Pekerja pada 6 Mei mendatang. Ini adalah kongres pertama yang digelar partai tersebut selama hampir 40 tahun.

Korut juga dikhawatirkan akan kembali melakukan uji coba nuklir. Sebelumnya tindakan Korut ini memicu ketegangan di kawasan dan menuai kecaman dari masyarakat internasional.

Pada awal April, sebuah situs resmi Korea Utara merilis video propaganda yang menggambarkan serangan beberapa roket ke Blue House dan bangunan pemerintah lainnya di Seoul. (den)