Dua Insiden Pesawat Terjadi di Hawaii, 5 Orang Tewas

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Selasa, 24/05/2016 11:12 WIB
Dua Insiden Pesawat Terjadi di Hawaii, 5 Orang Tewas Ilustrasi pesawat Cessna. (Arpingstone/Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua insiden pesawat terjadi di Hawaii pada Senin (23/5) pagi. Salah satu kecelakaan menyebabkan pesawat terbakar dan lima orang di dalamnya tewas.

Insiden mematikan itu bermula ketika dua instruktur, dua penerjun tandem, dan satu pilot lepas landas untuk melakukan tur terjun payung dari Bandara Port Allen di Kauai pada 09.30 waktu setempat. Pesawat Cessna yang mereka tumpangi jatuh saat baru saja keluar dari bandara.

Menurut keterangan dari Departemen Kebakaran Kauai yang dirujuk CNN, empat orang langsung tewas di tempat, sementara satu pria lainnya meninggal dunia saat dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Wilcox.


Di tempat terpisah, tepatnya di lepas pantai Pulau Oahu, pesawat kecil berisi dua orang mengalami gangguan teknis ketika sedang menuju Bandara Internasional Honolulu. Pesawat itu akhirnya melakukan pendaratan di air di dekat Pantai Makaha.

Juru bicara Layanan Gawat Darurat Honolulu, Shyane Enright, menjelaskan bahwa sekitar pukul 11.20 waktu setempat, petugas penyelamat melihat ada satu pesawat muncul di perairan Charlie's Reef.

Saat petugas penyelamat datang, kedua orang itu sudah mengenakan pelampung di atas sayap pesawat yang mengambang sekitar 45 meter dari pesisir pantai.

Satu orang pria yang bertugas sebagai pilot dan penumpang perempuan itu kemudian ditransfer ke rumah sakit sekitar dengan luka ringan.

Otoritas Penerbangan Nasional dan Badan Keamanan Transportasi Nasional kini sedang menyelidiki kedua insiden ini. (den/ama)