Perancis Tutup Kantor Perwakilan di Turki

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 13/07/2016 18:20 WIB
Perancis Tutup Kantor Perwakilan di Turki Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perancis menutup kantor perwakilan diplomatik di Turki; kedutaan besar di Ankara dan konsulat jenderal di Istanbul karena masalah keamanan menjelang peringatan hari kemerdekaan pada 14 Juli.

Menurut Kedubes Perancis di Ankara pada Rabu (13/7), dua perwakilan tersebut akan ditutup hingga pemberitahuan selanjutnya.
Padahal, untuk merayakan hari nasional Perancis, kedua perwakilan telah memiliki agenda baik di Ankara, Istanbul, dan di Kota Izmir.

“Karena alasan keamanan, resepsi pada 14 Juli yang direncanakan di Ankara, Istanbul, dan Izmir dibatalkan,” bunyi pernyataan Kedubes Perancis. Otoritas Turki, menurut pernyataan tersebut, telah diinformasikan.


“Kedutaan Perancis di Ankara, juga konsulat jenderal di Istanbul akan ditutup pada Rabu, 13 Juli, pukul 13.00, hingga pemberitahuan selanjutnya.”
Konsulat jenderal Perancis di Istanbul sebelumnya mengatakan bahwa ada informasi soal “ancaman serius terhadap perayaan 14 juli di Turki.”

Turki akhir-akhir ini menghadapi banyak ancaman keamanan, termasuk dari ISIS, yang menyerang bandara internasional Istanbul dengan tiga rangkaian bom dua pekan lalu, menewaskan 45 orang dan melukai ratusan lainnya. (stu)