Bersuit Kepada Wanita Dianggap Kejahatan di Kota Ini

Denny Armandhanu, CNN Indonesia | Kamis, 14/07/2016 11:42 WIB
Bersuit Kepada Wanita Dianggap Kejahatan di Kota Ini Ilustrasi (Thinkstock/felixmizioznikov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bersuit yang dilakukan pria terhadap wanita masuk telah masuk dalam bentuk kejahatan di kota Nottinghamshire di Inggris. Tindakan ini masuk dalam kategori kejahatan atas dasar kebencian.

Diberitakan The Guardian, Rabu (13/7), peraturan baru ini diterapkan oleh kepolisian Nottinghamshire untuk mengatasi pelecehan terhadap wanita. Selain bersiul, godaan verbal dan fisik secara seksual terhadap wanita di kota itu kini masuk tindak kriminal.

"Contoh tindakan ini termasuk pendekatan seksual yang tidak diinginkan; serangan fisik dan verbal; kontak fisik dan verbal yang tidak diinginkan atau pesan atau mengambil foto tanpa izin," ujar pernyataan kepolisian Nottinghamshire.


Dengan langkah ini, wanita yang mengalami gangguan di jalan dari para lelaki bisa melapor ke polisi. Pelapor juga akan mendapatkan perlindungan sebagai korban.

Nottinghamshire adalah kota pertama yang menerapkan peraturan untuk pelaku misogini. Dalam tiga bulan terakhir, polisi di kota ini telah mendapatkan pelatihan untuk kejahatan jenis ini.


(den)