Turki Tahan 20 Terduga Militan ISIS

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 04/08/2016 18:12 WIB
Dua puluh orang ditahan di Adana, Turki, diduga merupakan militan ISIS yang sedang merencanakan serangan. Ilustrasi (Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Turki menahan 20 orang terduga anggota kelompok militan ISIS di provinsi selatan Adana.

Kantor berita Dogan melaporkan penangkapan pada Kamis (4/8) itu dilakukan polisi anti-teror dengan bantuan helikopter, serta penggerebekan di 22 alamat di Adana, setelah mendapat informasi bahwa ISIS sedang merencanakan serangan.
Di antara yang ditangkap adalah tokoh senior ISIS, dan saat ini dibawa ke markas besar kepolisian Adana untuk ditanyai.

Presiden Turki Tayyip Erdogan sebelumnya mengatakan bahwa militan ISIS dari negara bekas Uni Soviet bertanggung jawab atas serangan di bandara internasional di Istanbul pada Juni, yang menewaskan 45 orang. Pasca serangan tersebut, otoritas Turki telah menangkap puluhan orang yang diduga bertanggung jawab.
ISIS mengontrol kota di utara Suriah yang berbatasan dengan perbatasan Turki di timur Adana.


Adana sendiri berlokasi di dekat Pangkalan Udara Incirlik, yang digunakan sebagai pangkalan udara untuk melancarkan serangan terhadap ISIS.

Selain mengatasi ancaman terorisme, Turki saat ini masih memburu siapa saja yang dianggap terlibat percobaan kudeta yang gagal dua pekan lalu dan yang ditengarai terkait dengan Fethullah Gulen, tokoh agama yang dituding menjadi dalang upaya kudeta. (stu)