Mesin Meledak di Udara, Pesawat AS Mendarat Darurat

Denny Armandhanu, CNN Indonesia | Minggu, 28/08/2016 09:07 WIB
Mesin Meledak di Udara, Pesawat AS Mendarat Darurat Ilustrasi (Barn Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu mesin pesawat maskapai Amerika Serikat meledak di udara. Insiden ini memaksa pesawat mendarat darurat dengan satu mesin yang rusak.

Diberitakan CNN, insiden ini terjadi dalam penerbangan pesawat Boeing 737 maskapai Southwest Airlines dari New Orleans menuju Orlando.

Seorang penumpang wanita yang berada di pesawat bersama suami dan ketiga anaknya mengatakan kepada CNN bahwa mesin pesawat tepat di luar jendelanya meledak.


"Itu ledakan besar. Ada asap lalu kemudian tidak terlihat. Saya melihat bagian pesawat menjuntai tertiup angin," kata dia.

Setelah ledakan itu, pesawat mulai bergetar dan masker pernafasan keluar. Saksi mengatakan, kepanikan langsung menyergap, penumpang berteriak dan menangis.

Badan Penerbangan Federal AS, FAA, mengatakan pesawat itu langsung mengalihkan penerbangan ke Pensacola dan menyatakan status darurat. Maskapai Southwest mengatakan, ledakan mesin terjadi akibat kerusakan mekanik.

Tidak ada yang terluka dari 99 penumpang dan lima kru dalam peristiwa itu.

"Kru tetap bertindak profesional, mereka luar biasa. Saya berterima kasih kepada pilot kami masih hidup," kata seorang penumpang.

Menurut dia, saat pesawat stabil, salah satu pilot menuju kabin dan mengatakan bahwa mereka kehilangan satu mesin.

Menurut FAA, Boeing 7373 itu memiliki dua mesin turbofan di setiap sayapnya. Insiden ini tengah diselidiki oleh FAA dan Dewan Keamanan Transportasi Nasional AS. (den)