Wali Kota London Dukung Clinton Jadi Presiden AS

Amanda Puspita Sari/Reuters , CNN Indonesia | Jumat, 16/09/2016 13:29 WIB
Wali Kota London Dukung Clinton Jadi Presiden AS Wali Kota London, Sadiq Khan, secara terbuka menyuarakan dukungan bagi calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton. (Reuters/Hannah McKay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wali Kota London Sadiq Khan secara terbuka menyuarakan dukungan bagi calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton. Khan memperingatkan bahwa pandangan anti-Muslim yang diembuskan capres dari Republik, Donald Trump, hanya akan memperkuat pengaruh kelompok militan seperti ISIS.

Dalam kunjungannya kerjanya ke Chicago, AS, untuk pertama kalinya pada Kamis (15/9), Khan menyatakan dia "penggemar" Clinton dan berharap dia akan memenangkan pemilihan presiden November mendatang.

"Dia bisa dibilang kandidat yang paling berpengalaman untuk mencalonkan diri sebagai presiden," kata Khan usai berpidato di hadapan lebih dari 250 akademisi, diplomat dan pebisnis AS.

"Sebagai ayah dari dua anak perempuan, saya pikir ia mengirimkan pesan yang kuat ketika politisi paling kuat di dunia adalah seorang wanita yang fenomenal, dan [saya] berharap dia menang," kata wali kota Muslim London pertama ini.

Setelah dia dilantik pada Mei lalu, Khan memang sempat mengecam seruan Trump yang ingin melarang warga Muslim memasuki AS. Khan menyebut gagasan Trump itu "bodoh."

Dalam pidatonya sepanjang sekitar 45 menit di hadapan Dewan Chicago untuk Urusan Global, Khan memang tidak menyebutkan nama Trump, namun menyinggung taipan real estate asal New York.

"Saya pikir gagasan bahwa umat Islam tidak diterima di AS, bahwa menjadi seorang Muslim tidak sesuai dengan negara Barat, hanya akan dipergunakan Daesh atau yang juga disebut ISIS," kata Khan.

Meski demikian, menjelang pemilihan umum, sikap Trump semakin melunak. Awal musim panas ini, ia merevisi larangannya dan berjanji akan menerapkan penyaringan yang ketat bagi warga Muslim yang ingin masuk ke AS.