Perangi Tindak Kriminal, Kenya Bakar Ribuan Senjata Ilegal

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 17/11/2016 16:20 WIB

Jakarta, CNN Indonesia --

Kenya menghancurkan 5.250 senjata api ilegal pekan ini sebagai bagian dari upaya untuk memerangi berbagai tindak kejahatan dan ancaman terorisme.

Kenya menghancurkan sekitar 5.250 senjata api ilegal pekan ini sebagai bagian dari upaya untuk memerangi berbagai tindak kejahatan, termasuk pencurian ternak, pembajakan mobil dan ancaman terorisme. (Reuters/Thomas Mukoya)
Wakil Presiden William Ruto memaparkan kepada Reuters bahwa di Kenya penggunaan senjata ilegal menyebabkan banyak kematian, terutama dalam aksi kekerasan bersenjata, di antaranya konflik antar kelompok masyarakat, pencurian ternak, aksi kekerasan dan perburuan(Reuters/Thomas Mukoya)
Menurutnya, senjata api ilegal juga telah mengintensifkan ancaman yang ditimbulkan oleh kejahatan transnasional seperti terorisme, perdagangan manusia, pembajakan dan perdagangan narkoba. (Reuters/Thomas Mukoya)
Kobaran api menghancurkan ribuan senjata yang berhasil disita oleh aparat penegak hukum, ataupun yang diserahkan warga secara sukarela kepada para agen pengumpul senjata ringan. (Reuters/Thomas Mukoya)
Kenya kerap dilanda serangan dari kelompok pemberontak asal Somalia, Al-Shabaab. Pasalnya, Kenya dianggap sebagai negara tetangga Somalia yang kerap membantu upaya memberangus Al-Shabaab. (Reuters/Thomas Mukoya)
Al-Shabaab berusaha menggulingkan pemerintah Somalia yang didukung oleh Barat. Kelompok ini bertujuan menerapkan hukum syariah Islam secara ketat di negara itu. (Reuters/Thomas Mukoya)
Serangan Al-Shabaab di sejumlah wilayah di Kenya kerap dinilai sebagai aksi pembalasan atas kontribusi pasukan Kenya terhadap pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika di Somalia yang turut memerangi kelompok militan itu. (Reuters/Thomas Mukoya)
Aksi membakar senjata ilegal terakhir kali dilakukan di Kenya pada 2010. Sebelumnya, aksi ini juga dilakukan pada 2003 dan 2005. (Reuters/Thomas Mukoya)


ARTIKEL TERKAIT