Kebakaran Hutan Mematikan di Tennesee karena Ulah Manusia

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Kamis, 01/12/2016 11:20 WIB
Kebakaran Hutan Mematikan di Tennesee karena Ulah Manusia Manusia diduga sebagai faktor penyebab kebakaran hutan yang menewaskan tujuh orang di Tennesee, Amerika Serikat. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebakaran hutan yang melanda dua kota wisata di sekitar Taman Nasional Smoky Mountains, Tennesee, Amerika Serikat, diduga bukan fenomena alam.

"[Kebakaran] kemungkinan diakibatkan oleh manusia," kata pengawas Taman Nasional Gunung Great Smoky, Cassius Cash sebagaimana dikutip Washington Post, Rabu (30/11).

Kobaran api besar menyebar dari kawasan pegunungan ke Gatlinburg dan Pigeon Forge awal pekan ini dengan kecepatan luar biasa, kata sejumlah warga yang mengungsi. 

Api lanjut menyebar ke Sevier County pada Selasa siang dan beberapa titik api lainnya mulai menyala di malam hari.

Akibatnya, tujuh orang tewas dan ratusan bangunan terbakar. Sementara 53 orang lainnya terpaksa menjalani perawatan di rumah sakit.


Belum diketahui bagaimana kondisi mereka saat ini. Yang jelas, kebakaran ini diperkirakan telah menghancurkan lebih dari 700 rumah dan tempat usaha warga. Hampir separuh darinya berada di Gatlinburg.

Kabar baik datang ketika hujan mulai turun, kemarin. Pada malam hari, api mulai padam karena guyuran tersebut, walau sebagian di antaranya masih membara.

Gatlinburg masih berada dalam kondisi darurat evakuasi dan memberlakukan jam malam.

Upaya evakuasi terus dilakukan di kawasan yang hangus terbakar itu. Namun, beberapa kawasan di Sevier County masih belum dapat dijangkau.

Palang Merah telah mengerahkan pasukan untuk mencoba mempertemukan kembali warga yang terpisah dari keluarganya. Jumlah orang yang menghilang karena kebakaran ini masih belum dapat dipastikan.

Di lapangan, petugas juga disulitkan oleh longsor yang terjadi karena tanah tidak lagi ditopang pepohonan. Taman Nasional memperkirakan setidaknya 64 kilometer persegi lahan terbakar hingga Rabu kemarin.

"Kita akan baik-baik saja," kata Wali Kota Gatlinburg Mike Werner, meyakinkan warganya beberapa kali melalui konferensi pers.
(aal)