Badai Besar Hantam Selatan AS, 18 Orang Tewas

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Senin, 23/01/2017 09:51 WIB
Badai Besar Hantam Selatan AS, 18 Orang Tewas Sejumlah foto yang tersebar di jejaring sosial menunjukkan banyak bangunan runtuh dan rumah-rumah dengan atap hancur membuat pohon dan ruas jalan tertutup puing. (Nathaniel Sixberry/Handout via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setidaknya 18 orang dilaporkan tewas akibat badai besar yang menghantam bagian selatan Amerika Serikat sepanjang akhir pekan ini.

Badan Keamanan dan Manajemen Darurat melaporkan, setidaknya 12 orang tewas di sebelah tengah hingga utara Georgia.

Sementara itu, empat nyawa melayang ketika tornado menyapu selatan Mississippi. Empat orang lainnya tewas di berbagai penjuru AS selatan lainnya.


Gubernur Georgia, Nathan Deal, bahkan mendeklarasikan keadaan gawat darurat di tujuh daerah.

"Saya mendesak seluruh warga Georgia untuk waspada dan tetap menjaga keamanan diri untuk menghindari korban jiwa atau luka," ujar Deal sebagaimana dikutip Reuters, Senin (23/1).

Sejumlah foto yang tersebar di jejaring sosial menunjukkan banyak bangunan runtuh dan rumah-rumah dengan atap hancur membuat pohon dan ruas jalan tertutup puing.

Presiden AS, Donald Trump, mengatakan sudah menyampaikan belasungkawa kepada Deal atas situasi yang terjadi di Georgia.

Otoritas memperingatkan kemungkinan badai bergerak ke arah Carolina dan Florida. Pemerintah meminta warga terus waspada. (has/has)