Rusia Bangun Gedung Era Nazi untuk Latihan Militer Anak

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Jumat, 24/02/2017 01:51 WIB
Rusia membangun replika gedung parlemen Jerman era Nazi, Reichstag, di sebuah taman bermain bertema tentara di Moskow untuk tempat latihan militer anak. Ilustrasi. (AFP Photo/Danil Semyonov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pertahanan Rusia membangun replika gedung parlemen Jerman era Nazi, Reichstag, di sebuah taman bermain bertema tentara di Moskow untuk digunakan sebagai tempat latihan militer anak.

"Kami membangun replika Reichstag di Taman Patriot. Tidak dengan ukuran aslinya, tapi dapat digunakan untuk latihan para Tentara Muda menyerang target spesifik, bukan sekadar tempat tua," ujar Menhan Rusia, Sergey Shoigu, sebagaimana dikutip RT, Rabu (22/2).

Foto-foto yang dilansir Kemenhan Rusia menunjukkan model awal dari gedung Reichstag dengan latar belakang gambar permainan perang. Di depan gedung itu terlihat tempat untuk presentasi, sementara di dalamnya terdapat berbagai ruang untuk latihan.
Sejumlah titik di dalam gedung itu dibuat serupa dengan yang terlihat di foto-foto Reichstag di masa lampau. Salah satunya foto seorang prajurit mengibarkan bendera Soviet di atas gedung dengan pemandangan kota yang hancur, salah satu simbol kemenangan Rusia atas Nazi Jerman pada 1945.


Nantinya, gedung ini juga dapat diakses oleh keluarga sipil agar mendapatkan gambaran utuh situasi saat perang. Mereka bahkan dapat memasuki replika kapal selam yang ditempatkan di lantai bawah gedung tersebut.

Taman Patriot sendiri merupakan kompleks seluas 50 kilometer yang dibangun Rusia dua tahun lalu sebagai wadah gerakan di sekolah-sekolah milik pemerintah di seluruh penjuru negara, termasuk Tentara Muda.

Tentara Muda dibentuk atas perintah khusus dari Presiden Vladimir Putin pada 2015 lalu dan kini sudah memiliki anggota lebih dari 42 ribu siswa sekolah. (has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK