Tandingi Protes Anti-Trump, Pendukung Presiden Turun ke Jalan

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Selasa, 28/02/2017 07:43 WIB
Sejak pelantikan presiden, tak terhitung jumlah aksi unjuk rasa yang menentang Donald Trump. Namun kini, giliran pendukung Trump yang turun ke jalan. Di Denver, sekitar 150 orang bertemu di anak tangga gedung parlemen sambil menyanyikan lagu-lagu wajib dan memasang musik melalui pengeras suara. (Reuters/Rick Wilking)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak pelantikan presiden pada 20 Januari lalu, tak terhitung jumlah aksi unjuk rasa yang menentang Donald Trump. Namun kini, Senin (27/2), giliran pendukung Trump yang turun ke jalan.

"Saya hanya berpikir, kami harus mendukung presiden kami," ujar Vivian Phillips, seorang pensiunan guru yang rela berkendara selama tujuh jam dari West Virginia menuju Atlanta, di mana sekitar 200 pendukung Trump berkumpul.

Ketika keluar dari mobilnya, Phillips langsung mengacungkan tulisan berbunyi "menggemaskan menyedihkan dari West Virginia" merujuk pada sebutan rival Trump dalam pemilihan umum, Hillary Clinton, bagi para pendukung sang presiden.


Tak hanya Atlanta, para pendukung Trump juga berkumpul di Denver. Di sana, sekitar 150 orang bertemu di anak tangga gedung parlemen sambil menyanyikan lagu-lagu wajib dan memasang musik melalui pengeras suara.

Sejumlah orang mengibarkan bendera Amerika Serikat, sementara yang lain membawa segala pernak-pernik bertuliskan slogan Trump saat kampanye, "Make America Great Again."

"Saya di sini untuk menunjukkan kepada presiden bahwa ia tidak sendirian meskipun terkesan seperti itu selama ini," kata salah satu peserta, Karen Eitzel, kepada Reuters.

Sementara itu, di California, sekitar 60 orang berkumpul di depan sebuah mal sambil berteriak, "Bangun temboknya!" dan "Tuhan memberkati Amerika. Tuhan memberkati Trump!"

Dandanan yang lebih heboh terlihat di Louisiana, di mana hampir seratus orang memakai baju berwarna merah, biru, dan putih layaknya bendera Amerika. Di tengah mereka juga terlihat sejumlah peniru gaya Trump yang membawa spanduk "Dukung Presiden Kita!"
Tandingi Protes Anti-Trump, Pendukung Presiden Turun ke JalanDi tengah pengunjuk rasa di Louisiana juga terlihat sejumlah peniru gaya Trump. (Reuters/Shannon Stapleton)
Unjuk rasa ini diselenggarakan oleh sejumlah kelompok berbeda, di antaranya adalah gerakan Tea Party, salah satu jaringan informal konservatif yang mendukung kampanye Partai Republik sejka 2009.

Kelompok bernama Main Street Patriots juga menggagas satu gerakan bertajuk Spirit of America di setidaknya 33 dari 50 negara bagian di AS. Acara itu akan digelar pada Sabtu dan Minggu mendatang.

Ini merupakan kali pertama para pendukung Trump berani tampil. Sejak Trump menang dalam pemilu pada November lalu, mereka sangat jarang terlihat, tersapu gelombang protes anti-Trump. (has/yns)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK