Lawatan ke Indonesia, Presiden Perancis Kunjungi TMP Kalibata

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Rabu, 29/03/2017 06:45 WIB
Presiden Perancis François Hollande berkunjung ke Indonesia usai melawat ke Singapura dan Malaysia. Dia dijadwalkan berziarah ke TMP Kalibata. Presiden Perancis Francois Hollande melakukan lawatan ke Indonesia, Rabu (29/3). (French Pool via Reuters Tv)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Perancis François Hollande melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, Rabu (29/3), yang merupakan bagian dari rangkaian lawatannya ke Asia Tenggara.

Kunjungan tersebut adalah momen bersejarah karena menjadi yang pertama dalam 30 tahun, setelah Presiden François Mitterrand melakukan lawatan pada tahun 1986.

Adapun, jadwal pertama Presiden Hollande setelah tiba di Jakarta adalah ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata.


Selanjutnya, dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Presiden Hollande akan melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Kemudian, jadwal berikutnya adalah pertemuan konsultasi bilateral dan jamuan makan siang resmi.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Presiden Hollande didampingi Menteri Pertahanan, Jean-Yves Le Drian serta Menteri Muda urusan Industri, Digital dan Inovasi, Christophe Sirugue. Rombongan juga termasuk belasan anggota parlemen dan sekitar 50 pemimpin perusahaan, mulai dari perusahaan besar, menengah dan kecil.

Hollande juga akan mengikuti sejumlah acara kolaborasi Prancis-Indonesia di bidang ekonomi kreatif, ekonomi digital, serta industri budaya.

Acara ini akan jadi kesempatan memperlihatkan keanekaragaman kerja sama kedua negara. Selain itu, selama ini, Indonesia-Perancis erat dalam kerja sama perfilman, fesyen, animasi, video dan konten audiovisual.

Tidak hanya bidang industri kreatif dan budaya, Hollande juga menilik potensi di bidang lain, termasuk kemaritiman. Oleh karena itu, Hollande juga dijadwalkan mengunjungi ruang kontrol Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, sekaligus melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti.

Beberapa kerja sama bilateral di bidang kelautan yang akan dilakukan Indonesia-Perancis diantaranya, infrastruktur, pengelolaan sumber daya perikanan berkelanjutan, kerja sama ilmiah dan teknologi, meteorologi, keamanan dan kedaulatan wilayah laut, serta energi laut.

Bidang lain yang juga disoroti dalam lawatan Hollande kali ini adalah pertahanan, pembangunan perkotaan berkelanjutan, pembiayaan proyek-proyek infrastruktur, juga pariwisata.