Kim Jong-un Marah Disebut Gendut oleh Senator AS

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Jumat, 31/03/2017 20:21 WIB
Kim Jong-un Marah Disebut Gendut oleh Senator AS Korut geram atas pernyataan senator AS, John McCain, yang menyebut Kim Jong-un sebagai
Jakarta, CNN Indonesia -- Korea Utara mengecam pernyataan salah satu senator senior AS, John McCain, yang menyebut Kim Jong-un, pemimpin tertinggi negara terisolasi itu, sebagai "pria gendut yang gila" dalam sebuah wawancara televisi.

Melalui kantor berita Korut, KCNA, Pyongyang menganggap pernyataan McCain tersebut sebagai "provokasi." Tak hanya itu, media corong pemerintah itu menyebutnya sebagai sebuah ajakan perang pada Korut.

"Komentar McCain adalah sebuah penghujatan dan telah menyingung martabat negara dan pemimpin tertinggi kami," tutur seorang juru bicara kementerian luar negeri Korut.
Ejekan terhadap Jong-un ini dutarakan McCain dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi MSNBC dan disiarkan 22 Maret lalu.


Dalam kesempatan itu, McCain menyebut "pria gemuk dan gila yang memimpin Korut" merupakan diktator terburuk dari sejumlah diktaktor buruk yang ada dalam sejarah kepemimpinan suatu negara.

"Dia tidak rasional. Kami tidak berurusan bahkan dengan seseorang seperti Joseph Stalin, yang masih memiliki rasionalitas tertentu dibalik kebiadabannya," kata McCain dalam acara itu seperti dikutip The Telegraph, Jumat (31/3).

Selain McCain, Pyongyang turut menyemprot salah satu politikus konservatif garis keras AS lain seperti Ted Cruz, yang sempat menuturkan gagasan untuk kembali memasukan Korut ke daftar negara yang mendukung aktivitas terorisme.
"McCain dan Cruz seperti anak anjing yang tidak takut terhadap harimau," kata juru bicara Kemlu Korut.

Seakan tak berang dengan reaksi Korut terhadap pernyataannya, McCain malah melontarkan kembali komentarnya terkait Jong-un. Kali ini, McCain meluapkan komentarnya melalui akun Twitternya.

"Mereka tak mau saya panggil dia gendut, apakah saya harus memanggilnya kurus?" kicau McCain.