Puluhan Jemaat Kuil Disiksa dan Dibunuh di Pakistan

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Senin, 03/04/2017 18:04 WIB
Sebanyak 20 jemaat kuil Sufi di tepi kota Sargodha, Pakistan, dilaporkan disiksa dan dibunuh penjaga kuil yang paranoid. Sebanyak 20 pengunjung kuil Sufi di tepi kota Sargodha, Pakistan dilaporkan disiksa dan dibunuh oleh penjaga kuil yang mengalami paranoia. (Foto: REUTERS/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian menyebut seorang penjaga kuil Sufi di tepi Sargodha, kota terpencil di wilayah Punjab, Pakistan, menyiksa dan membunuh 20 jemaatnya.

Wakil komisaris kepolisian wilayah setempat, Ali Chattha, menyatakan Abdul Waheed, tersangka, meminta jemaat mengunjungi kuil tersebut kemudian menyerang dan membunuh mereka dengan bantuan anak buahnya.

Sebagian korban bahkan ditemukan dalam keadaan telanjang.
"Ketika pengunjung tiba di kuil, Waheed dan para kaki tangannya menyiksa lalu membunuh mereka," tutur Chattha seperti dikutip Reuters, Senin (3/4).


Pervaiz Haider, dokter di sebuah rumah sakit di Sargodha, memaparkan sebagian besar korban tewas ditikam di belakang leher mereka menggunakan pisau.

Sementara itu, empat korban yang selamat dilaporkan mengalami luka-luka cukup serius dalam serangan pada Minggu pagi tersebut.

"Ada memar dan luka lebam akibat pukulan pentungan dan belati pada tubuh korban," tuturnya.
Waheed beserta dua kaki tangannya telah diamankan otoritas setempat. Kepolisian pun mengaku telah mendapati motif penyerangan tersebut.

Kepala kepolisian wilayah Punjab, Zulfiqar Hameed, mengatakan "pria berusia 50 tahun itu mengaku telah membunuh puluhan orang tersebut karena dia takut mereka akan membunuhnya."

"Tersangka nampaknya mengalami paranoia dan gangguan psikotik, atau bisa jadi pembunuhan ini dilakukan dengan motif persaingan atas kontrol kuil," kata Hammed seperti diberitakan The Guardian.

Sebab, seorang tokoh mistik yang dianggap suci di kuil tersebut, Muhammad Ali Gujjar, dikabarkan tewas akibat diracun dua tahun lalu. Waheed pun dikabarkan takut dirinya menjadi target pembunuhan selanjutnya.
Selain itu, anak dari keluarga Gujjar, yang diklaim warga sekitar merupakan pewaris sah kuil tersebut, turut tewas dalam serangan mematikan itu.

Ritual mengunjungi kuil populer bagi warga Muslim di Pakistan. Sufisme merupakan salah satu aliran agama Islam yang telah dipraktikkan selama berabad-abad dan dianut oleh lebih dari jutaan penduduk Muslim di negara Asia Selatan itu.

Dalam beberapa bulan terakhir, kuil Sufi dikabarkan menjadi target ekstremis militan Sunni yang menganggapnya sesat.

Salah satunya yakni insiden bom bunuh diri yang menewaskan 80 jemaat dan diklaim ISIS di sebuah kuil di Lal Shahbaz Qalandar, selatan Sindh.

November lalu, sebuah ledakan juga meluluhlantakkan kuil Shah Noorani di barat daya Pakistan, menewaskan sedikitnya 52 orang. ISIS pun turut mengklaim bom bunuh diri tersebut.