Trump Bocorkan ke Duterte soal Kapal Selam Nuklir AS di Korea

Hanna Azarya Samosir , CNN Indonesia | Kamis, 25/05/2017 00:27 WIB
Trump Bocorkan ke Duterte soal Kapal Selam Nuklir AS di Korea Donald Trump membocorkan kepada Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, mengenai keberadaan dua kapal selam nuklir milik Amerika Serikat di Semenanjung Korea. (Reuters/Jim Lo Scalzo/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Donald Trump membocorkan kepada Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, mengenai keberadaan dua kapal selam nuklir milik Amerika Serikat di Semenanjung Korea.

"Ada dua kapal selam, terbaik di dunia. Ada dua kapal selam nuklir," ujar Trump kepada Duterte sebagaimana tercatat dalam dokumen rahasia Divisi Filipina Kementerian Luar Negeri AS yang tersebar pada Selasa (23/5).

New York Times, selaku surat kabar pertama yang membocorkan transkrip rekaman pembicaraan telepon pada 29 April tersebut, mengaku sudah mendapatkan konfirmasi dari seorang pejabat AS.

Dalam pembicaraan tersebut, Trump juga mengatakan kepada Duterte bahwa pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un, adalah orang gila.
"Kami tidak bisa membiarkan orang gila dengan senjata nuklir bebas seperti itu. Kami memiliki banyak senjata, 20 kali lipat dari yang dia punya--tapi kami tak gunakan itu," ucap Trump.

Sebelumnya, Trump juga sudah mengerahkan kapal induk Carl Vinson yang membawa pasukan serbu ke Semenanjung Korea sebagai respons atas serangkaian uji coba rudal dan nuklir Korut sejak awal tahun.

Dalam pidato awal tahunnya, Kim memang mendeklarasikan tekad Korut untuk mengembangkan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang diklaim dapat mencapai wilayah AS.