Pesawat Pemadam Kebakaran Dikabarkan Jatuh di Portugal

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Rabu, 21/06/2017 07:44 WIB
Pesawat Pemadam Kebakaran Dikabarkan Jatuh di Portugal Pesawat pemadam kebakaran dikabarkan jatuh di Portugal, namun kabar itu kemudian dibantah. (REUTERS/Rafael Marchante)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah pesawat pemadam api yang dikirimkan Kanada guna membantu mengatasi kebakaran hutan di Portugal, dilaporkan jatuh, pada Selasa (20/6) waktu setempat.

Lokasi jatuhnya pesawat Canadair itu diperkirakan dekat Pedrogao Grande, wilayah dengan titik api terbesar. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dari jatuhnya pesawat tersebut.

Juru Bicara Agensi Perlindungan Warga Sipil Portugal Fausto Coutinho mengatakan otoritas setempat sudah mendapat laporan mengenai pesawat jatuh tersebut.


Guna mengevakuasi pesawat nahas itu, otoritas setempat telah mengirimkan helikopter ke lokasi jatuhnya pesawat.


Meskipun demikian, saat dilakukan investigasi, otoritas tidak menemukan puing-puing pesawat, sehingga mereka tidak bisa mengonfirmasi insiden tersebut.

Selain itu, tidak ada laporan soal pesawat pemadam kebakaran yang hilang. Melansir Independent, di hari ketiga terjadinya kebakaran, terdapat sembilan pesawat pemadam api dari berbagai negara yang diturunkan.

Coutinho menyebut bahwa kabar soal pesawat jatuh merupakan misinformasi yang disampaikan dari lokasi kebakaran.

“Saya tidak bisa menjelaskan kenapa Kantor Kecelakaan Pesawat Portugal mengatakan menerima informasi soal pesawat jatuh, karena itu tidak benar,” tutur Coutinho, dikutip CBC.

Setidaknya 62 orang tewas dalam kebakaran hutan terparah dalam sejarah Portugal.


Sebanyak 1000 petugas pemadam kebakaran diturunkan guna mengatasi api yang melanda sejak akhir pekan lalu itu.

Sebelumnya, pemadam kebakaran menyebut mereka sudah bisa mengatasi si jago merah yang mengamuk. Namun temperatur tinggi hingga mencapai suhu 43 derajat celsius, titik api yang masih tersebar dan angin kencang, membuat usaha pemadaman terhambat.

Pemerintah mencemaskan kebakaran bisa menyebar ke daerah Gois yang terletak sekitar 20 kilometer di utara lokasi kebakaran.

Perdana Menteri Portugal Antonio Costa telah memerintahkan investigasi menyeluruh guna mengetahui penyebab kebakaran dahsyat tersebut.

Selain itu, tingginya angka kematian dalam insiden tersebut juga menimbulkan banyak pertanyaan, terutama terhadap sistem respons darurat bencana. Salah satunya, soal jalan yang tidak segera ditutup saat kebakaran terjadi, yang menimbulkan banyak korban jiwa. Pasalnya, banyak korban tewas karena terjebak dalam mobil saat kebakaran terjadi.