Kebakaran Hutan, Kanada Berlakukan Kondisi Darurat

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Minggu, 09/07/2017 00:05 WIB
Kebakaran Hutan, Kanada Berlakukan Kondisi Darurat Kebakaran hutan di British Columbia membuat pemerintah provinsi menyatakan kondisi darurat. (REUTERS/Rafael Marchante)
Jakarta, CNN Indonesia -- Provinsi British Columbia di Kanada memberlakukan kondisi darurat karena kebakaran hutan yang membuat ribuan orang terpaksa dievakuasi.

“Melihat kondisi kebakaran hutan yang semakin parah, pemerintah provinsi memutuskan memberlakukan keadaan darurat,” ujar Kepala Transportasi dan Manajemen Bencana Provinsi British Columbia Todd Stone, dilansir AFP.

Selain itu, Stone menuturkan cuaca yang panas dan kering membuat api semakin liar. Pada Jumat, pemerintah setempat melaporkan adanya 138 titik api di provinsi tersebut, kebanyakan disebabkan oleh sambaran kilat.



Salah satu pusat kebakaran terjadi dekat Ashcroft, kota dengan dataran kering, dan Distrik Thompson-Nicola, dimana area kebakaran meluas dari 50 hektar menjadi 4000 hektar dalam satu hari.

Warga di kedua wilayah itu telah diminta mengungsi, semenatra sebuah bandara serta dua rumah sakit di daerah tersebut juga ditutup sebagai tindakan pencegahan.

Selain itu, lebih dari 3600 orang juga terpaksa meninggalkan rumah mereka di wilayah Kamloops, yang berjarak sekitar 100 kilometer di timur Ashcroft, karena kekhawatiran api akan menyebar.


Laporan DriveBC menyebutkan bahwa api juga membakar banyak bangunan dan membuat dua jalan raya, yakni Highway 1 dan Highway 97C, terpaksi ditutup.

Wali Kota Cache Creek John Ranta mengatakan api menghancurkan dua hangar pesawat di bandara dan sekitar 30 trailer di Boston Flats. Selain itu, api juga menghanguskan empat rumah di wilayah Ashcroft.

Petugas pemadam kebakaran Kevin Skrepnek menyebut sebanyak 48 mobil pemadam kebakaran telah diturunkan guna mengatasi si jago merah, begitu juga dengan beberapa pesawat pemadam api.