Konflik Berlanjut, Seribu Lilin Menyala di Al-Aqsa

Reuters/AFP, CNN Indonesia | Senin, 24/07/2017 18:10 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Konflik berdarah di Yerusalem terus berlanjut. Delapan nyawa melayang dalam bentrokan di akhir pekan yang membuat komunitas internasional serukan deeskalasi.

Anak-anak Palestina menyalakan lilin di pintu gerbang Masjid Al-Aqsa sebagai bentuk protes atas pemasangan detektor logam di kawasan ibadah bagi tiga agama terbesar di dunia itu. (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)
Tidak hanya pria dan anak-anak, wanita pun tidak ketinggalan menyuarakan protes mereka lewat nyala lilin. Mereka menginginkan wilayah Yerusalem kembali pada status quo dan warga Palestina bisa bebas beribadah tanpa harus melewati detektor logam ataupun pembatasan usia. (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)
Israel memasang detektor logam pekan lalu sebagai bentuk peningkatan keamanan di kawasan Yerusalem usai dua tentaranya tewas tertembak pada Jumat. Namun warga Palestina protes dan melakukan boikot dengan beribadah di luar gerbang Al-Aqsa. (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)
Banyaknya umat Muslim yang beribadah di luar gerbang masjid membuat tentara Israel kerap harus membubarkan mereka dengan paksa, yang akhirnya berakhir dengan rentetan bentrokan. (AFP PHOTO / Ahmad GHARABLI)
Bentrokan mulai meningkat sejak Rabu (19/7) lalu dimana puluhan warga Palestina dilaporkan terluka akibat tembakan peluru karet. Sementara pada Jumat, tiga warga Palestina terbunuh dalam bentrokan dengan tentara Israel. (AFP PHOTO / Ahmad GHARABLI)
Tewasnya warga Palestina itu membuat ketegangan semakin meningkat. Imbasnya, salah seorang pemuda Palestina merangsek masuk ke permukiman Israel dan menikam empat orang, tiga diantaranya tewas. (REUTERS/Ammar Awad)
Tentara Israel kemudian menggeledah rumah pelaku penikaman dan berniat meruntuhkannya, namun mendapat perlawanan yang sengit dari warga dan menyebabkan dua warga Palestina lainnya, tewas. (AFP PHOTO / Ahmad GHARABLI)
Konflik berdarah itu membuat komunitas internasional beraksi. Negara-negara di dunia meminta Israel dan Yordania melakukan upaya untuk meredakan ketegangan, sementara Palestina memutuskan kontak dengan Israel. (AFP PHOTO / Ahmad GHARABLI)
Konflik yang terus meruncing di Yerusalam membuat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa melakukan sidang darurat pada Senin (24/7). (REUTERS/Ammar Awad)
Di sisi lain, Israel tetap berkeras memasang detektor logam di pintu masuk masjid Al-Aqsa, kendati mendapat tekanan dari komunitas internasional untuk mencopotnya. (AFP PHOTO / Ahmad GHARABLI)
Di luar itu, Jalur Gaza pun kembali ricuh saat Hamas meluncurkan serangan misil ke arah Israel kendati tidak menimbulkan korban. Membalas serangan itu, Israel pun memberondong pos pemeriksaan Hamas di Khan Yunis pada Senin (24/7). (AFP PHOTO / AHMAD GHARABLI)