Sidang WNI Tersangka Kasus Kim Jong-nam Dimulai 2 Oktober

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Jumat, 28/07/2017 11:48 WIB
Sidang WNI Tersangka Kasus Kim Jong-nam Dimulai 2 Oktober Siti Aisyah dituduh membekap wajah Kim dengan racun kimia VX saat sedang menunggu penerbangan di Bandara Kuala Lumpur pada 13 Februari lalu. (Reuters/Lai Seng Sin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malaysia akan memulai proses pengadilan Siti Aisyah, warga negara Indonesia yang menjadi tersangka kasus dugaan pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri dari pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un.

"Kami akan mulai pada Oktober. Pengadilan sudah dipastikan pada tanggal 2 nanti," ujar Hakim Pengadilan Tinggi Shah Alam, Azmi Ariffin, sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (28/7).

Siti akan diadili bersama tersangka lainnya asal vietnam, Doan Thi Huong. Mereka dituduh bersekongkol membekap wajah Kim dengan racun kimia VX saat sedang menunggu penerbangan di Bandara Kuala Lumpur pada 13 Februari lalu.


Jika terbukti bersalah, kedua tersangka terancam hukuman mati. Sebelumnya, pengacara Siti, Gooi Soon Seng, menyatakan bahwa pengadilan ini terlalu dipaksakan karena polisi sebenarnya masih kekurangan bukti.
Namun, Jaksa Muhamad Iskandar Ahmad, mengatakan bahwa pihak penuntut sudah memberikan 33 dokumen dan rekaman CCTV. Mereka juga akan memanggil 30 hingga 40 saksi.

Gooi pun mengatakan, "Dengan melihat rekaman CCTV, saya harap hakim akan lebih memahami situasi sebenarnya."

Siti sendiri sebelumnya mengaku dijebak. Saat melakukan aksinya, Siti mengira ia mengikuti satu program usil di televisi.

Sementara itu, Amerika Serikat dan Korea Selatan menuding bahwa sebenarnya rezim Korut merupakan dalang di balik pembunuhan Kim yang dianggap sebagai pengkhianat. (has/has)