AS Akan Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Rabu, 02/08/2017 16:55 WIB
AS Akan Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Rudal yang dipakai pada uji coba kedua dianggap lebih mutakhir dan dapat mencapai wilayah New York, tapi para pejabat AS masih meragukan kemampuan ICBM Korut. (KCNA via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Militer Amerika Serikat akan melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) pada Rabu (2/8) waktu setempat, berselang beberapa hari setelah Korut meluncurkan ICBM pekan lalu.

Seorang pejabat militer AS mengatakan, uji coba rudal Minuteman III itu akan dilaksanakan di Pangkalan Udara Vanderberg antara pukul 00.01 dan 06.01 waktu California.

"Tujuan dari program uji coba peluncuran ICBM ini adalah untuk memvalidasi dan memverifikasi keefektifan, kesiapan, dan keakuratan sistem senjata ini," demikian pernyataan Komando Serangan Global Angkatan Udara AS.


Sebagaimana dilansir AFP, uji coba semacam ini biasanya direncanakan dari jauh hari. Namun, uji coba ini direncanakan dalam waktu singkat, tepat setelah Korut menguji coba ICBM pada Jumat lalu.
Sejak awal tahun, pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un, memang selalu memamerkan perkembangan program ICBM negaranya.

Pada Juli saja, Korut sudah melakukan dua kali uji coba ICBM yang dianggap sukses. Pada uji coba pertama, Kim menyebut uji coba itu merupakan hadiah bagi para "bajingan Amerika." Rudal itu memang diklaim dapat mencapai Alaska.

Rudal yang dipakai pada uji coba kedua dianggap lebih mutakhir dan dapat mencapai wilayah New York, tapi para pejabat AS masih meragukan kemampuan ICBM Korut.

Setelah Korut melakukan uji coba pada pekan lalu, pejabat intelijen AS akhirnya mengakui bahwa ICBM yang dikembangkan Korut memang dapat mencapai wilayah negaranya.