Uluran Tangan untuk Imigran yang Terancam Mati di Mediterania

Reuters/AFP, CNN Indonesia | Kamis, 03/08/2017 18:18 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan imigran Afrika mempertaruhkan nyawa setiap harinya untuk menyeberangi laut demi mencapai Italia. Sejumlah pihak pun mengulurkan tangannya untuk membantu.

Ribuan imigran Afrika mempertaruhkan nyawa setiap harinya untuk menyeberangi Laut Mediterania melalui Libya demi mencapai Italia, menyedot perhatian dunia hingga akhirnya sejumlah pihak mengulurkan tangannya untuk membantu. (AFP Photo/Angelos Tzortzinis)
Berbagai organisasi non-pemerintah (NGO) mengerahkan tim ke sejumlah titik, berharap dapat menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa. (Reuters/Darrin Zammit Lupi)
Sejak awal tahun ini, sebanyak 95.215 orang memang berhasil mencapai Italia. Namun tetap saja, 2.230 imigran tewas di Laut Mediterania dalam tujuh bulan pertama di tahun 2017. (AFP Photo/Angelos Tzortzinis)
Di tengah situasi mendesak tersebut, Italia tak kunjung bergerak. Di Italia, isu ini menjadi perhatian khusus menjelang pemilihan umum pada awal tahun depan. Para pejabat berlomba mencuri perhatian rakyat yang takut akan kedatangan gelombang imigran. (Reuters/Darrin Zammit Lupi)
Setelah perdebatan panjang, Italia akhirnya memutuskan melakukan operasi Angkatan Laut untuk membantu menyelamatkan para imigran. (AFP Photo/Angelos Tzortzinis)
Italia akan mengerahkan enam kapal untuk membawa para imigran ke pusat penampungan di Tripoli. Terhitung mulai hari ini, Italia sudah mengerahkan dua kapalnya menuju Laut Mediterania. (AFP Photo/Angelos Tzortzinis)
Pengerahan pasukan angkatan laut Italia ini juga menimbulkan kekhawatiran akan kemungkinan kekerasan terhadap imigran di tempat penampungan. (AFP Photo/Angelos Tzortzinis)
Meski demikian, Italia memastikan bahwa pasukannya hanya ingin menyelamatkan para imigran dan akan menjaga kedaulatan Libya. (AFP Photo/Angelos Tzortzinis)