Militer Suriah Rebut Wilayah ISIS di Homs

Reuters, CNN Indonesia | Minggu, 06/08/2017 13:10 WIB
Militer Suriah Rebut Wilayah ISIS di Homs Ilustrasi. Pasukan militer Suriah merebut wilayah ISIS dengan bantuan Rusia dan milisi Syiah yang didukung Iran. (Reuters/Omar Sanadiki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasukan militer pemerintah Suriah merebut wilayah besar terakhir yang dikuasai oleh kelompok militan ISIS di Provinsi Homs, al Sukhna. Hal itu dinyatakan oleh kelompok pemantau konflik Suriah, Syrian Observatory for Human Rights pada Sabtu (5/8).

Al Sukhna berada sekitar 50 kilometer di timur laut kota kuno Palmyra, yang direbut pemerintah pada Maret.
Media milik kelompok Hizbullah juga memberitakan bahwa pasukan pemerintah Suriah membuat kemajuan signifikan di dalam Sukhna. Hizbullah bertempur bersama dengan pemerintah Suriah di bawah Bashar al-Assad dalam konflik Suriah.

Kantor berita Suriah SANA pada Sabtu pagi juga melaporkan bahwa militer merangsek maju ke al Sukhna dari tiga arah.
ISIS kehilangan hampir semua wilayah yang mereka kuasai di Suriah dalam waktu cepat selama setahun terakhir. Beberapa lepas ke tangan pemerintah yang didukung Rusia, dan yang lainnya berkat gempuran pasukan Kurdi yang mendapat dukungan Amerika Serikat.

Pasukan pemerintah bersama milisi yang didukung Iran juga sedang melangsungkan operasi untuk merebut wilayah ISIS di Provinsi Hama dan Provinsi Raqqa di sebelah selatan.

Sementara itu, sekutu AS saat ini fokus untuk merebut kota Raqqa, yang disebut sebagai ibu kota de facto ISIS.
[Gambas:Video CNN]