Kuwait Ikut Ambil Tindakan Tekan Korut

Agustiyanti , CNN Indonesia | Jumat, 11/08/2017 05:21 WIB
Kuwait Ikut Ambil Tindakan Tekan Korut
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuwait mulai mengambil tindakan terhadap Korea Utara, antara lain dengan menghentikan penerbangan langsung ke dan dari Pyongyang.

Dikutip dari Reuters, sumber resmi dari Kementerian Luar Negeri Kuwait menyebut, tindakan yang diambil juga termasuk menghentikan visa masuk untuk pekerja Korea Utara dan menghentikan penerbitan lisensi komersial.

Langkah Kuwai tersebut datang saat Presiden Amerika Serikat Donald Trump meningkatkan ancamannya kepada Korea Utara.
Trump menyeubut Korea Utara seharusnya "sangat, sangat gugup" jika bahkan berpikir untuk menyerang Amerika Serikat atau sekutu-sekutunya. Pernyataan tersebut dibuat setelah Pyongyang mengatakan bahwa pihaknya membuat rencana untuk menembakkan rudal ke arah Jepang ke darat di dekat wilayah Guam A.S. di Guam.

Kuwait juga telah menghentikan transaksi keuangan dan pinjaman ke Korea Utara, melarang semua impor Korea Utara, dan mengurangi jumlah diplomat Korea Utara di negara tersebut.

Amerika Serikat telah meminta negara-negara untuk memutuskan hubungan diplomatik dan keuangan dengan Pyongyang dan menangguhkan arus pekerja tamu Korea Utara, serta memberlakukan larangan impor Korea Utara.
Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada akhir pekan lalu memberlakukan sanksi baru terhadap Korea Utara, dengan memangkas sepertiga dari pendapatan ekspor tahunan sebesar $ 3 miliar di Asia. Sanski tersebut diberikan atas dua uji coba balistik balistik antarbenua Pyongyang di bulan Juli.
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Silih Ancam AS-Korut