Dibebaskan Korut, Pastor Lim Akhirnya Pulang ke Kanada

Reuters , CNN Indonesia | Minggu, 13/08/2017 01:19 WIB
Dibebaskan Korut, Pastor Lim Akhirnya Pulang ke Kanada
Jakarta, CNN Indonesia -- Pastor Hyeon Soo Lim tiba di rumahnya di Kanada pada Sabtu (12/8), setelah dipertemukan kembali dengan keluarganya usai menempuh perjalanan panjang dari Korea Utara, di mana dia dipenjara sejak 2015.

Dikutip dari Reuters, juru bicara keluarga, Lisa Pak dalam sebuah pernyataan mengatakan, anggota keluarga akan mengadakan konferensi pers di gerejanya di pinggiran kota Toronto, Mississauga.

Pak mengatakan tidak jelas apakah Pastor Lim yang berusia 62, akan menghadiri konferensi pers tersebut. Namun, ia mengatakan bahwa Lim akan menghadiri kebaktian gereja pada hari Minggu.

Lim, pemimpin salah satu gereja terbesar di Kanada, telah dijatuhi hukuman kerja keras seumur hidup pada bulan Desember 2015 atas tuduhan mencoba menggulingkan rezim Korea Utara.

Kantor berita KCNA Korea Utara mengatakan pada Rabu (9/8) bahwa dia dibebaskan atas dasar kemanusiaan, meskipun keluarganya kemudian mengatakan bahwa dia tidak dalam kondisi kritis.

Rekaman dari televisi ANN Jepang menunjukkan bahwa Lim berjalan di sebuah landasan di samping penasihat keamanan nasional Kanada, Daniel Jean, di Pangkalan Udara Yokota di pinggiran kota Tokyo, dalam sebuah pemberhentian dalam perjalanan ke rumahnya.

Kembalinya Lim ke Kanada terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara, meskipun ada pihak berwenang yang mengatakan tidak terdapat keterkaitan apapun.